Dinkes Lutra Gelar Workshop Audit Internal dan Tinjauan Manajemen

Workshop Audit Internal Dinas Kesehatan Kab. Luwu Utara

LUWU UTARA, Nkriku.com —Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara sulawesi selatan, menggelar kegiatan Workshop Audit Internal Dan Tinjauan Manajemen, selasa 07/03/2018.

Workshop yang digelar di aula pertemuan Bukit Indah Hotel selama 3 hari 6 s/d 8 Maret 2018 tersebut, dihadiri oleh seluruh kepala puskesmas se-Kabupaten Luwu Utara.

Dalam sambutannya, kepala dinas kesehatan Kabupaten Luwu Utara, yang diwakili oleh sekretaris Ratna SKM, M.Kes Mengatakan, Kegiatan audit internal tersebut bertujuan untuk memastikan terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bermutu, dengan memantau kesesuaian antar kondisi aktual dengan regulasi maupun standar yang telah ditetapkan, agar manajemen dapat melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan disemua lini, termasuk puskesmas.

“Mutu pelayanan kesehatan adalah kinerja yang menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, untuk mencapai tujuan kesehatan nasional dan terselenggaranya upaya kesehatan menyeluruh, yang berjenjang dan terpadu, sebagai tingkatan fasilitas kesehatan,” Katanya.

Selain itu Ratna juga mengatakan, Kegiatan workshop ini sendiri merupakan rujukan dari peraturan mentri kesehatan nomor 75 tahun 2014 dan permenkes Nomor 46 tahun 2015 tentang akreditasi,
yang disatu pihak dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata rata penduduk. Serta dipihak lain tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik profesi yang telah ditetapkan.

“Beberapa fakta menunjukan adanya masalah yang perlu ditindaklanjuti dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Untuk itu perlu adanya upaya pengendalian mutu yang diterapkan, diwujudkan dalam kegiatan monitoring dan penilaian kinerja,” Ungkap Ratna.

Tak hanya itu, ratna juga menjelaskan, pertemuan tinjauan manajemen bertujuan untuk memastikan terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bermutu melalui pembahasan permasalahan-permasalahan yang terkait dengan operasional puskesmas secara berasama, melibatkan seluruh pegawai, dan dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Peningkatan mutu pelayanan kesehatan di semua lini, termasuk pelayanan kesehatan di puskesmas, menjadi kebutuhan utama untuk peningkatan pelayanan yang berkualitas. Untuk itu perlu dipelihara secara terus menerus agar mutu pelayanan di puskesmas terjaga dengan baik sesuai dengan indikator mutu yang telah ditetapkan bersama di puskesmas. Metode untuk menjaga mutu tersebut dilakukan dengan audit internal dan tinjauan manajemen,” Jelas ratna.
(PPID)

bergabung di nkriku.com bergabung di nkriku.com