Diklat Prajabatan Golongan II, Ketua DPRD Lutra: Utamakan Kepentingan Masyarakat

Ketua DPRD Lutra sampaikan materi Diklat Pra Jabatan Gol. II

LIUTRA, Nkriku.com—Dalam pelaksanaan Diklat Prajabatan Golongan II Angkatan XVII (17) Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bekerjasama dengan Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Hotel Remaja Indah Masamba. Selasa, 13 Maret 2018.

Ketua DPRD Luwu Utara Drs. H. Mahfud Yunus ,MM selaku narasumber pada kegiatan tersebut. Diketahui, Jumlah Peserta dari Bidan sebanyak 76, Penyuluh 4 terdiri Perempuan 77 orang Laki-laki 3 orang jumlah 80 Peserta.

Ketua DPRD Luwu Utara Drs.H.Mahfud Yunus,MM di hadapan Peserta diklat di sesi pertama menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka NKRI yang harus kita pahami bersama mewujudkan rasa aman, rasa rukun, rasa adil dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kemudian di sesi kedua peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dalam Pengawasan Tinggi Pemerintahan bahwa merupakan salah satu fungsi Utama yang melekat pada DPRD selain fungsi legislasi dan anggaran, Seyongyanya Aspirasi Masyarakat dalam bidang pengawasan, secara melembaga sudah terwakili melalui wakil-wakilnya yang duduk di DPRD.

Hal-hal yamg mendasar yang perlu dibenahi dalam upaya mengoptimalkan fungsi pengawasan DPRD antara lain, merumuskan batasan lingkup kerja dan prioritas pengawasan, merumuskan standar akuntabilitas yang baru dalam pengawasan, merumuskan standar atau ukuran yang jelas untuk menentukan sebuah kebijakan publik dikatakan berhasil, gagal atau menyimpang dari RKPD yang telah ditetapkan dan merumuskan rekomendasi serta tindaklanjut dari hasil pengawasan.

Menjelang Diakhir materi yang disampaikan antara Legislatif dan Eksekutif dalam membangun dan menata sebuah Daerah. “Harus Harmonis dan berpikir sama-sama bagaimana membangun dan menata Daerah serta mementingkan dan mengutamakan kepentingan Masyarakat,” pungkas Mahfud Yunus.

Turut hadir Kepala BKPSDM Luwu Utara Drs. Nursalim,M.Si, Ilham selaku Moderator Penyampaian materi didampingi Sudirman,S.Kom.

(hmsdprd As/bg)

bergabung di nkriku.com bergabung di nkriku.com