Anak Dibawah Umur Ikut Kampanye NH-Azis di Sukamaju, Panwas Lutra Bungkam

Anak dibawah Umur Ikut Kampanye dan Menggunakan Alat Peraga Kampanye

LUWU UTARA Nkriku.com—Sejumlah anak dibawah umur ikut dalam kampanye Calon Gubernur Sulawesi Selatan pasangan Nurdin Halid dan Azis Kahar Muzakkar, yang digelar di Desa Sukamaju, Kecamatan Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jum’at 12/04/2018.

Selain ikut berkampanye, sejumlah anak dibawah umur yang berusia 8-13 tahun tersebut, ikut mengenakan alat peraga Kampanye, dan atribut Partai.

Sejumlah Anak dibawah Umur Yang Ikut Kampanye NH-Azis di Sukamaju

Dari pantauan Media Nkrikum.com di lapangan, Jum’at (12/04/2018) tak ada teguran dari pihak Panwaslu Kabupaten Luwu Utara yang saat itu tengah melakukan pengawasan jalannya kampanye bertema “Kampanye Tatap Muka Dan Dialogis”.

Bahkan meski secara terang terangan melihat sejumlah anak dibawah umur yang ikut berkampanye, Panwas Luwu Utara tidak melakukan teguran.

Anak dibawah Umur Yang Ikut Kampanye

” Kasihan juga kalau anak anak dibawa panas panasan kampanye, Panwas harusnya jangan diam, kalau bisa ditegur” Ujar Priono (30) Warga Sukamaju yang saat itu melintas di lokasi Kampanye.

Diketahui, Pasal 15 dan Pasal 76 H Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak secara eksplisit melarang pelibatan anak dalam aktivitas politik.

Pasal 15 UU Perlindungan Anak menyebutkan, setiap anak berhak untuk memperoleh perlindungan dari penyalahgunaan dalam kegiatan politik.

Sementara, Pasal 76 H menyebutkan, setiap orang dilarang merekrut atau memperalat anak untuk kepentingan militer dan atau lainnya dan membiarkan anak tanpa perlindungan jiwa.

(Bambang/Hamsul)

bergabung di nkriku.com bergabung di nkriku.com