oleh

Polres Kepulauan Selayar Gelar Apel Deklarasi Damai Pemilu 2019

Selayar, nkruku.com – Polres Kepulauan Selayar kembali menggelar Deklarasi Damai dalam rangka ops Mantap Brata Pemilu 2019. Kegiatan yang melibatkan Unsur Pemerintah, TNI-Polri, KPU, Bawaslu dan Partai Politik di Kabupaten Kepulauan Selayar ini dilaksanakan di Aulla dharmalaksana Mako Polres, Jln . RW. Mongisidi No 2 Kel. Benteng Kec. Benteng Kepulauan Selayar, Selasa 09/10/18.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali, Kapolres AKBP. Syamsu Ridwan , Dandim Letkol Arm Yuwono, Kajari Cumondo Tresno, Anggota KPU Nandar Djamaluddin, Kepala Sekretariat Bawaslu Andi Irwan, Para pimpinan Partai Politik, Media dan Anggota Polres Kep Selayar.

Polres Kepulauan Selayar Gelar Apel Deklarasi Damai Pemilu 2019, Selasa 09/10/18.

Dalam sambutannya Kapolres Kepulauan Selayar menegaskan bahwa Kegiatan Deklarasi Damai tersebut adalah merupakan bagian dari Ops Mantap Brata, sebagai upaya Polres dalam membangun kesepahaman bersama dengan Pemerintah, Kodim, Unsur-unsur terkait, Penyelenggara, Pengawas, Peserta Pemilu dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar untuk menciptakan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

“Selain ops Mantap Brata, pihak Polri juga memiliki Satgas Nusantara yang mempunyai tujuan yang sama, untuk menciptakan pemilu yang damai. Perlu kita sadari bersama bawa kita semua bertanggung jawab memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, khususnya kepada para pemilih pemula. Khusus kepada penyelenggara, sosialisasikan kepada masyarakat agar yang belum tahu menjadi tahu. Pemda juga punya peran yang tidak kalah pentingnya karena mempunyai struktur sampai ke tingkat paling bawah, begitupun Kodim dan instansi terkait, kita semua dapat mengambil peran dalam menciptakan Pemilu Damai,” tegas Syamsu Ridwan.

Dalam Apel Deklarasi ini, seluruh pesera Apel bersama mengucapkan Ikrar Deklarasi Pemilu damai yang dipandu langsung oleh Kapolres AKBP. Syamsu Ridwan, S.IK. Adapun isi Ikrar deklarasi yang dibacakan sbb:
” Ikrar Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2019:

1. Mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
2. Melaksanakan, mengawasi dan mengamankan seluruh Tahapan Pemilu 2019 Yang aman, tertib, damai, berintegritas, dan; bebas dari hoaks, politisasi SARA, dan politik uang.
3. Melaksanakan seluruh Tahapan Pemilu 2019 berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
4. Bersama Pemkab, Polres, Kodim 1415, KPU, Bawaslu, Instansi terkait dan Masyarakat siap berperan serta dalam menciptakan Pemilu 2019 yang Aman, damai dan sejuk di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Demikian Ikrar ini, kami baca dan ikrarkan bersama
Kepulauan Selayar, Selasa 08 Oktober 2018

Usai pembacaan Ikrar, kegiatan ditutup dengan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai 2019 yang ditandatangani oleh Bupati, Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan,Ketua DPRD, KPU, Bawaslu dan seluruh Pimpinan Partai Politik. (As/J)

Editor: Muh Jufri

Baca Juga: