oleh

Masyarakat Bulukumba Keluhkan Lamanya Pengurusan Sertifikat Tanah Yang Tak Kunjung Selesai

Bulukumba, nkriku.com – Untuk menanggulangi permasalahan pengurusan tanah, pemerintah melalui Kementerian Agraria Tata Ruang RI bekerjasama Badan Pertanahan Nasional (BPN) telah meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), namun kenyataannya pengurusan Sertifikat tanah di Kabupaten Bulukumba terasa tak sesuai harapan Masyarakat.

Seperti yang dirasakan oleh Masyarakat Desa Bontomasila, Kecamatan Gantarang mengeluhkan lamanya pengurusan sertifikat tanah melalui program PTSL di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bulukumba.

Hal itu disampaikan Ahmad Yudianto Selaku Pemohon Sertifikat tanah melalui handphone seluler, Rabu (8/11/2018). mengatakan, pada awal bulan Agustus lalu, pihak BPN Bulukumba telah melakukan pengukuran tanah di Desa Mariorennu kecamatan gantarang. Serta, seluruh administrasi pengurusan sertifikat tanah juga telah dilengkapi dan diserahkan ke petugas BPN.

Ia melanjutkan, ketika pihaknya menanyakan sudah sampai sejauh mana pengurusan sertifikat tanah itu, salah seorang petugas di BPN mengatakan agar sabar. Dikarenakan berkas masih di lakukan pengecekan BPN Bulukumba dan masih banyaknya berkas yang menumpuk.

“Kalau memang berkas menumpuk agar sekiranya di perhatikan, jangan cuma yang memiliki pengurus di dalam (Broker red) di percepat berkasnya untuk di proses di BPN,” harapnya.

Hingga saat ini pengurusan sertifikar tanah sudah berulang kali di lakukan pengecekan perkembangan kelanjutan permohonan sertifikat tanah tapi tak kunjung selesai. (IL)

Mj

Baca Juga: