oleh

Warga Nelayan Temukan Ikan Duyung di Pantai Bara’onto Desa Maharayya Selayar

Selayar, nkriku.com – Seekor Ikan Duyung di temukan warga di pesisir pantai Bara’onto Desa Maharayya Kecamatan Bontomate’ne Kabupaten Kepulauan Selayar, sekitar 27 Km sebelah utara dari Kota Benteng, Sabtu 10/11/18.

Ikan Duyung atau biasa dikenal dengan Dugong ini pertama di temukan oleh warga nelayan bernama Patta dan Hasyim sekitar pukul 03.30 Wita dini hari, di pesisir pantai Bara’onto dalam keadaan mati.

“Ikan ini kami temukan sudah mati dan mengapung saat kami mau menuju ke laut mencari ikan. Lalu kemudian, kami tarik ikan ini ke pantai. Awalnya saya kira buaya,” jelas Hasyim.

Tidak lama kemudian, warga setempat berbondong – bondong mengerumuni ingin menyaksikan langsung keberadaan bangkai ikan Duyung ini.

Setelah Warga sepakat bersama aktivis lingkungan Kabupaten Kepulauan Selayar, bahwa penggalian untuk menimbun bangkai ikan Duyung ini, akan dilanjutkan esok pagi hari, dikarenakan kondisi semakin gelap.

Aktivis Lingkung, Baim melalui telpon selulernya mengatakan penimbunan bangkai ikan ini, akan dilanjutkan pagi harinya karena sudah mulai gelap.

“Awalnya, ada warga melaporkan kepada saya, bahwa ada ikan duyung di pesisir pantai Bara’onto Desa Maharayya, kemudian saya langsung menuju ke lokasi dimana ikan tersebut berada,” ujar Baim.

Ikan Duyung memiliki Panjang 286 Cm, panjang Sirip Dada 55 Cm dan Sirip Ekor 95 Cm. Rencana akan di ambil sebagian dari organ tubuh ikan ini sebagai bahan penelitian penyebab kematiannya.

“tapi nanti kita lihat esok, apa memungkinkan atau tidak,” ungkap Baim. (**)

Mj

Baca Juga: