oleh

503 APK Kampanye Melanggar, Panwaslu Bulukumpa Bersama Satpol PP Akan Tertibkan

Bulukumpa, NKRIku.com — Kampanye Pemilu 2019 sudah berjalan sejak 23/09/2018 lalu. Peserta Pemilu tentu telah memanfaatkan waktu ini dengan berbagai metode kampanye sebagaimana telah diatur dalam UU Nomor 7/2017 yang di pertegas dalam PKPU Nomor 33/2018 tentang Perubahan Kedua atas PKPU Nomor 23/2018 tentang Kampanye.

Salah satu metode Kampanye yang banyak dilakukan oleh Peserta Pemilu adalah Penyebaran Bahan Kampanye dan Pemasangan Alat Peraga Kampanye.

Dalam Metode Kampanye ini, Peserta Pemilu Banyak melakukan pelanggaran.

Dari hasil pengawasan Panwaslu Kecamatan Bulukumpa bersana Panwaslu Kelurahan/Desa, selama masa kampanye berlangsung, terdapat 503 APK/BK jenis spanduk dan Baliho yang melanggar.

“Pelanggaran didominasi karena cara pemasangannya yang tidak sesuai yang diatur dalam UU maupun PKPU tentang Kampanye. APK mereka pasang di tempat-tempat terlarang seperti pohon, tiang listrik dan tempat terlarang lainnya,” kata Muhammad Jafar, Koordiv Hukum dan Penindakan Panwaslu Kecamatan Bulukumpa, dalam rilisnya, Rabu (09/01/2019).

Lebih lanjut disampaikan Jafar, saat ini jajaran Panwaslu Bulukumpa bersama Panwaslu Kelurahan/Desa telah memberikan tanda peringatan pada APK yang melanggar untuk ditertibkan oleh pemiliknya sebelum ditertibkan oleh Panwaslu bersama Satpol PP.

Berdasarkan Surat Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 1990/K.Bawaslu/PM.00.00/XI/2018, Perihal Pengawasan Metode Kampanye, bahwa Pengawas Pemilu dapat menertibkan APK yang melanggar setelah memberikan peringatan kepada Peserta Pemilu yang melanggar.

“Salah satu peringatannya adalah dengan pemberian tanda silang (X) pada APK yang melanggar. Saat ini sedang kami lakukan pemberian tanda itu. Silahkan Peserta Pemilu menertibkan sendiri sebelum kami tertibkan,” tegas Jafar.

Di wilayah kerja Panwaslu Kecamatan Bulukumpa, terdapat 503 APK yang terdiri dari 304 baliho kecil dan besar serta 199 spanduk yang melanggar dan sudah di beri tanda.

Rencana penertiban APK di wilayah Kecamatan Bulukumpa dilaksanakan pada hari Senin 14/01/2019.

“Kami himbau kepada peserta pemilu yang telah memasang APK di tempat terlarang agar memindahkan sebelum hari Senin,” imbuh Jafar.

Baca Juga: