Bantuan Sosial PKH Tahap 2 Segera Cair! Ini Cara Cek Nama Penerima dengan Mudah

 NKRIku.com - Masyarakat mungkin sudah menantikan kabar baik bahwa Bansos Program Keluarga Harapan atau (PKH) tahap 2 akan segera cair pada bulan April 2023 ini.

Program Keluarga Harapan atau (PKH) tahap 2 ini diperuntukkan bagi keluarga miskin yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bagi siapapun yang ingin mengetahui apakah mereka terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan atau (PKH) tahap 2 dapat melakukan pengecekan secara online melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Namun, sebelum melakukannya pengecekan Program Keluarga Harapan atau (PKH) tahap 2, pastikan bahwa Anda sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai sumber data Bantuan Sosial dari Kemensos.

Untuk mengetahui apakah Anda telah terdaftar, Anda dapat melakukan pengecekan dengan menggunakan NIK yang sudah padan pada sistem online Dukcapil dan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial sebagai penerima Bansos 2023.

Jika Anda sudah terdaftar sebagai penerima, maka Anda hanya perlu menunggu informasi jadwal pencairan yang akan disampaikan lewat undangan dari Kemensos.

Namun, sebelumnya pastikan bahwa Anda memenuhi kriteria sebagai penerima, yaitu Ibu hamil/nifas, anak usia dini, anak sekolah SD, anak sekolah SMP, anak sekolah SMA, lansia, dan penyandang disabilitas.

Untuk melakukan pengecekan, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih Nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan Nama anda sesuai dengan nama yang tertera pada KTP.
  4. Ketikkan empat huruf kode verifikasi flat ke kolom putih sesuai petunjuk, jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru.
  5. Klik tombol CARI DATA.
  6. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang Anda inputkan.

Jika masyarakat terdaftar sebagai penerima, maka akan muncul Nama Penerima, Wilayah, Umur, Jenis Bantuan (BST, PBI-JK, PKH, BPNT, dan BLT BBM).

Pastikan bahwa Anda melakukan pengecekan dengan benar dan memastikan bahwa Anda memenuhi kriteria sebagai penerima sebelum mendaftar.

Dengan demikian, masyarakat yang membutuhkan bantuan dapat memanfaatkan Bansos PKH dengan mudah dan tepat waktu.***

Artikel ini telah tayang di ayojakarta.com dengan judul Bantuan Sosial PKH Tahap 2 Segera Cair! Ini Cara Cek Nama Penerima dengan Mudah

Comments


EmoticonEmoticon