ALHAMDULILLAH! Bansos Rp600 Ribu Cair untuk 2 Kategori KPM Ini, Ini Rinciannya!

 NKRIku.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan kembali menggelontorkan anggaran untuk bantuan sosial atau bansos terbaru bagi kategori Keluarga Penerima Manfaat atau KPM tertentu yang akan cair mulai hari ini 15 Mei 2023.

Di mana, anggaran bantuan sosial atau bansos yang akan disalurkan oleh pemerintah kepada para KPM dengan kategori tertentu ini bernilai Rp 600 ribu per KPM.

Namun, bansos dengan nilai Rp 600 ribu per KPM ini, tidak didapatkan oleh semua KPM baik itu PKH, BNPT atau penerima bansos lainnya.

Hal ini karena, pemerintah menerapkan kategori tertentu bagi para KPM yang menerima bansos tambahan ini.

Dikutip dari unggahan video Naura Vlog, dibahas terkait dengan kategori penerima manfaat atau KPM yang bisa mencairkan bansos senilai Rp 600 ribu ini. Yang mana pencairannya akan dilakukan melalui Pos Indonesia atau pemegang KKS Bank Merah Putih.

Bansos dengan nilai pencairan Rp 600 ribu merupakan bansos tambahan yang diberikan pemerintah dengan nama bansos inflasi.

Yang mana, para pencairannya hanya ada dua kategori KPM yang bisa mendapatkan bantuan sosial atau bansos tersebut.

Bansos ini akan diberikan kepada KPM dengan kategori lansia atau lanjut usia dan disabilitas, dengan syarat, mereka harus masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

Pada pencairan yang akan dilakukan selama bulan Mei 2023 ini, para lansia dan disabilitas yang belum masuk DTKS akan dilakukan pendataan ulang oleh dinas terkait agar bisa mendapatkan bansos tambahan yakni, bansos inflasi dengan nominal Rp 600 ribu.

Namun, bila para KPM yang memiliki atau masuk dalam kategori adanya lansia dan disabilitas, bisa langsung melakukan pencairan melalui Pos Indonesia atau pun Bank Merah Putih.

Para KPM pun bisa melakukan pengecekan penerima bantuan sosial atau bansos yang disalurkan pemerintah. Berikut cara melakukan pengecekan data penerima bansos

  1. Buka cekbansos.kemensos.go.id
  2. Isi Wilayah Penerima Manfaat (PM) yang terdiri dari:
  • Provinsi
  • Kabupaten/Kota
  • Kecamatan
  • Desa
  1. Nama Penerima Manfaat (PM)
  • Nama Sesuai KTP
  1. Huruf Kode
  • Ketik huruf kode di atas
  1. Klik Tombol Cari Data

Apabila data tercatat sebagai penerima, maka muncul keterangan nama, umur, status, jenis bansos yang diperoleh, hingga periode penyaluran.

Sementara itu, ada ada sebanyak tujuh kategori dalam BLT PKH 2023, yang berhak meneriman bantuan sosial yang telah diprogramkan pemerintah. Berkut daftarnya :

Bansos PKH satu Kepala Keluarga

Regular Rp 500 ribu

Bansos PKH individu

Siswa SD: Rp 900 ribu

Siswa SMP: Rp1,5 jutaS

Siswa SMA: Rp2 juta

Ibu hamil: Rp2,4 juta

Anak usia dini: Rp2,4 juta

Disabilitas: Rp2,4 juta

Lansia: Rp2,4 juta

Demikian bantuan sosial atau bansos terbaru bagi kategori Keluarga Penerima Manfaat atau KPM tertentu yang akan cair mulai hari ini 15 Mei 2023(***)

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Alhamdulillah! Bansos Rp600 Ribu Cair untuk 2 Kategori KPM Ini, Simak Rinciannya!

Comments


EmoticonEmoticon