3 Arahan Jokowi agar Jaring Pengaman Sosial Berjalan Efektif

JAKARTA, NKRIKU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar penyaluran Jaring Pengaman Sosial bagi masyarakat di masa pandemi virus corona atau Covid-19 berjalan efektif. Karena itu, penyaluran program harus tepat sasaran.

Instruksi Jokowi disampaikan saat memimpin rapat terbatas (ratas) mengenai efektivitas penyaluran program Jaring Pengaman Sosial melalui teleconference dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Saat memberikan pengantar, Kepala Negara menegaskan bahwa program-program ini penting bagi rakyat sehingga memberikan penekanan pada tiga hal dalam pelaksanaan program ini. Pertama, pelaksanaannya betul-betul tepat sasaran, data juga dari kelompok penerima manfaat (KPM) by name, by adress.

Berita Populer  Positif Covid-19 Tembus 106.336 Orang, Ini 4 Provinsi Terbanyak

“Sehingga tepat dan akurat melibatkan RT/RW dan pemerintah desa dan pemerintah daerah sehingga betul-betul bantuan ini bisa tepat,” kata Jokowi.

Kedua, penyalurannya sesegera mungkin, secepat mungkin, tepat, dan cepat. Ketiga, mekanisme penyaluran jaring pengaman sosial ini dilakukan seefisien mungkin, gunakan cara-cara praktis, tidak berbelit-belit, dan menyulitkan masyarakat.

Berita Populer  IDI: Kematian Nakes RI Tertinggi ke-5 di Dunia

“Rancang mekanisme yang bisa melibatkan sektor usaha mikro, usaha kecil, pedagang sembako di pasar, jasa transportasi ojek,” ucapnya.

Jokowi berharap program ini dapat menggerakkan usaha-usaha yang berada di bawah. Dengan demikian, bisa menggerakkan, mengikutsertakan usaha-usaha yang di bawah agar bersama-sama dengan kita dan juga ekonomi di bawah ikut bergerak.

Dalam ratas Jokowi juga menekankan agar program bantuan sosial tambahan turut disiapkan, khususnya bagi warga Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Bantuan itu akan disalurkan kepada 3,7 juta keluarga yang terdiri 1,1 juta rekomendasi Pemprov DKI Jakarta dan 2,6 kuta warga berasal dari pendataan pemerintah pusat.

Berita Populer  Kaesang Anak Jokowi Jadi Korban Sindikat Penipuan Online, Pelaku Ditangkap

Bantuan sosial tambahan ini merupakan bagian dari program jaringan pengaman sosial yang telah dirumuskan pemerintah pusat untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Editor : Zen Teguh

Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/3-arahan-jokowi-agar-jaring-pengaman-sosial-berjalan-efektif

Berita Terbaru