3 Suplemen yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

NKRIKU.COM – Kolesterol tidak sepenuhnya berbahaya karena tubuh juga membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat. Tapi jika kadar kolesterol cukup tinggi bisa berbahaya karena menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah.

Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, yakni penyebab utama kematian. Tapi mengonsumsi satu dari ketiga suplemen ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Berita Populer  Jika Ingin Menurunkan Berat Badan, Terapkan 5 Aturan Ini saat Sarapan

Stanol dan sterol adalah bahan kimia tumbuhan yang memiliki struktur mirip dengan kolesterol. Mereka diserap dari usus ke dalam aliran darah dan menghalangi beberapa kolesterol diserap, pada gilirannya menurunkan kolesterol dalam darah.

Stanol dan sterol tumbuhan dapat ditemukan dalam makanan termasuk minyak nabati, kacang-kacangan dan biji-bijian, tetapi tidak dalam jumlah yang cukup tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Karena tidak mungkin mendapatkan cukup stanol dan sterol nabati dari makanan sehari-hari, rangkaian spesialis makanan olahan susu seperti margarin dan minuman yoghurt telah diperkaya, untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Berita Populer  4 Manfaat Konsumsi Bawang Bombay Bagi Kesehatan

Beta-glukan adalah sejenis serat yang membentuk gel yang mengikat kolesterol di usus. Ini membantu membatasi jumlah kolesterol yang diserap dari usus ke dalam darah.

Beta-glukan dapat ditemukan dalam makanan seperti gandum dan barley, tetapi juga dapat dikonsumsi sebagai suplemen.

Berita Populer  Berikut Ini 8 Tanda Kalau Kadar Vitamin B-12 Rendah

Beta-glukan yang terbuat dari ragi dapat membantu menurunkan kolesterol, kata WebMed dilansir dari Express.

Artichoke menjadi tambahan yang populer untuk hidangan tetapi ekstrak dari tanaman juga sangat menjanjikan dalam mengurangi kadar kolesterol berbahaya.

Berdasarkan studi, melengkapi dengan ekstrak daun artichoke setiap hari selama lima hingga 13 minggu menurunkan kolesterol LDL.

Artikel Menarik Lainnya:

Berita Terbaru