4 Kebiasaan Baik Ini Buat Kamu Jauh dari Utang, Mau?

NKRIKU Di tengah situasi pandemi COVID-19 yang belum selesai hingga 2021, ada baiknya kamu menahan diri dulu untuk berutang atau mengambil kredit.

Terkadang memang utang dibutuhkan untuk mencukupi sesuatu yang kita inginkan atau bahkan butuhkan. Namun, menambah beban keuangan jelas akan tak baik di kondisi sekarang ini.

Berita Populer  Jokowi Rencanakan Defisit APBN 2022 Rp 868 T, Bagaimana Pembiayaannya?

Jika menginginkan sesuatu, sebaiknya ditahan dulu atau kamu mulai berhemat agar menghindari utang.

Nah, berikut ini ada 4 kebiasaan baik yang menjauhkan diri kamu dari berutang:

1. Kurangi Kebiasaan Belanja Konsumtif

Kebiasaan belanja konsumtif bisa dikendalikan secara bertahap. Mulai dengan cara sederhana yakni selalu buat daftar kebutuhan dan keinginan. Lalu prioritaskan dan disiplin di awal untuk belanja sesuai dengan daftar kebutuhan.

Berita Populer  Faisal Basri Kritik Utang Boros Pemerintahan Jokowi

Apabila selama ini kamu sering merasa susah mengendalikan diri, efeknya paket belanja online sering datang ke rumah. Tidak perlu terlalu menyalahkan diri kamu, yang terpenting segera sadari dan lakukan perubahan perlahan.

Berita Populer  The Fed Pertahankan Suku Bunga Rendah, Bursa AS Kompak Menguat

Latihlah diri kamu agar tidak membuat keputusan belanja impulsif dengan tujuan mumpung diskon, ingin pamer di sosial media atau gensi.

Mulailah lebih bijak dalam mengeluarkan uang, bijak menggunakan kartu kredit dan bijak menyikapi diskon, sehingga kamu terhindar risiko berutang.

Berita Terbaru