4 Keutamaan Surat Al Baqarah

NKRIKU.COM – Al Baqarah merupakan surat  ke dua dalam kitab suci Al-Quran. Surat Al Baqarah memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui umat Muslim.

Surat sepanjang 286 ayat ini merupakan surat dengan jumlah ayat terbanyak di Al-Quran. Surat Al Baqarah termasuk dalam surat Madaniyah karena diturunkan di Kota Madinah.

Nama Al Baqarah berarti sapi betina, penamaan ini didasarkan pada kisah Bani Israel yang disuruh Nabi Musa mencari seekor lembu betina yang akan disembelih. Cerita ini tertuang dalam Surat Al Baqarah ayat 67 sampai 74.

Berita Populer  Video VIral Detik-detik Wanita Ancam Robek Al Quran, Sempat Teriak Nggak Takut Dosa

Al Baqarah juga disebut “Fusthaathul Qur’an” atau puncak Al-Quran karena di dalam surat ini terdapat beberapa hukum tatanan umat islam dalam beribadah kepada Allah S.W.T dan tata cara berkomunikasi dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia dimana aturan-aturan tersebut tidak tertulis di surat lain.

Baca Juga:
Surat Al Ikhlas, Arti dan Keutamaan yang Wajib Diketahui

Berita Populer  Al Baqarah 183: Bacaan Latin dan Tafsirnya

Keutamaan Surat Al Baqarah:

1.       Selalu dalam perlindungan Allah SWT

Dalam Surat Al Baqarah terdapat Ayat Kursi yang dapat melindungi umat Muslim sepanjang harinya, Pelindungan akan semakin tepat jika umat Muslim membaca A—Mu’Min ayat 1-3. Keutamaan ini telah diriwayatkan dalam Hadis Riwayat Tirmidzi

“Siapa saja yang membaca surat Al-Mu’min 1-3 dan Ayat Kursi ketika dia bangun pagi maka dia akan dilindungi hingga sore. Dan siapa saja yang membacanya saat sore hari maka dia dilindungi hingga pagi hari.”

Berita Populer  6 Keutamaan Surat An Nasr, Bukti Kebenaran Al Quran

2.       Pelindung di hari akhir

Baca Juga:
5 Keutamaan Membaca Surat Ar Rahman, Dapat Meningkatkan Rasa Syukur

Dari Abu Umamah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah Al-Quran karena ia datang di hari kiamat sebagai pembela bagi yang membacanya. Bacalah Az-Zahrawain (dua cahaya) yaitu surah Al-Baqarah dan Ali ‘Imran, karena keduanya datang di hari kiamat seperti dua awan putih atau dua naungan atau dua kerumunan burung sebagai pembela bagi yang membacanya. Bacalah surah Al-Baqarah, karena membacanya adalah berkah, meninggalkannya adalah kerugian, dan tidak mampu dilawan oleh penyihir”. (Sahih Muslim no. 1337)

Berita Terbaru