5 Alaman di Bulan Dzulqaidah: Salat Sunah, Dzikir hingga Umrah

NKRIKU.COM – Menurut perhitungan kalender Hijriah, bulan Dzulqaidah dimulai pada tanggal 22 Juni 2021. Bulan Dzulqaidah merupakan bulan mulia. Terdapat beberapa amalan di bulan Dzulqaidah yang jika dikerjakan akan mendapat pahala berlimpah.

Amalan di Bulan Dzulqaidah

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di bulan Zulqaidah, salah satunya menjalankan ibadan puasa sunah. Adapun 0uasa yang dianjurkan yaitu puasa Senin Kamis, puasa Ayyamul Bidh, dan puasa Daud.

Berikut ini beberapa amalan ibadah di bulan Dzulqaidah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat muslim.

Baca Juga:
Bulan Dzulqaidah: Amalan dan Keistimewaan

Berita Populer  5 Amalan Isra Miraj dari Puasa Rajab, Istigfar hingga Dzikir

Perbanyak Amalan Ibadah
Amalan di bulan Dzulqaidah yang pertama yaitu dengan memperbanyak amalan ibadah. Seperti puasa sunah, bershalawat, membaca alquran, dan lain sebagainya.Memperbanyak salat sunah
Amalan ibadah yang juga dianjurkan untuk dikerjakan di bulan Dzulqaidah yaitu dengan memperbanyak shalat sunah, seperti shalat malam, shalat dhuha, shalat taubat, shalat tahadud, dan sebagainya.Memperbanyak dzikir
Dianjurkan untuk memperbanyak dzikir (mengingat Allah SWT) di bulan Dzulqaidah. Dengan berdzikir melindungi diri dari berbagai hal yang tidak disukai Allah SWT.Berlaku baik
Di bulan Dzulqaidah ini dianjurkan untuk memperbanyak alaman baik, seperti berprilaku baik ke orang lain, menolong orang lain, bersedekah, menyantuni anak yatim, mematuhi orang tua, dan lainnya.Ibadah Umrah
Ini adalah amalan di bulan Dzulqaidah dan belum tentu ada di bulan lainnya. Pada bulan Dzulqaidah ini umat muslim yang mampu dianjurkan untuk melakukan ibadah umrah. Namun, karena ini sedang pandemi, ibadah umrah bisa diganti dengan perbanyak membaca Alquran.

Berita Populer  Sukses Gelar Haji, Arab Saudi Berencana Buka Kembali Umrah

Bulan Dzulqaidah Disebut Bulan Haram

Bulan Dzulqaidah adalah bulan ke-11 dalam kalender Islam. Bulan ini termasuk bulan yang dimuliakan Allah SWT atau disebut juga bulan haram.

Dzulqaidah secara bahasa terdiri dari kata ‘Dzul’ yang artinya sesuatu yang memiliki, dan ‘Al Qa’dah’ yang berarti tempat yang diduduki.

Berita Populer  Sri Mulyani Gratiskan Pajak Jasa Perjalanan Ibadah Haji

Kenapa disebut Dzulqaidah? Karena pada bulan ini, kebiasaan masyarakat Arab duduk (tidak bepergian) di daerah mereka, dan tidak melakukan perjalanan atau peperangan. (Al Mu’jam Al Wasith, kata: Al Qa’dah).

Demikianlah informasi mengenai beberapa amalan di bulan Dzulqaidah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat muslim. Mari perbanyak amalan baik di bulan baik.

Baca Juga:
5 Dzikir Petang, Amalan Rasulullah untuk Meminta Perlindungan Allah

Kontributor : Ulil Azmi

Berita Terbaru