5 Pelonggaran PPKM: Anak-anak Boleh Masuk Tempat Wisata dan Bioskop

NKRIKU, Jakarta – Pemerintah mulai melonggarkan kegiatan masyarakat seiring dengan membaiknya kondisi Covid-19. Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan ada beberapa penyesuaian aktivitas baik di pusat perbelanjaan atau mal maupun lokasi wisata.

“Pertama, tempat permainan anak di mal atau pusat perbelanjaan boleh dibuka untuk kabupaten atau kota di level 2,” ujar Luhut dalam paparannya, Senin, 18 Oktober 2021.

Berita Populer  Kasus di 105 Wilayah Meningkat, Jokowi Minta Waspadai Gelombang Covid Lanjutan

Tempat bermain yang telah beroperasi dan menerima kunjungan anak-anak wajib meminta orang tua menyertakan nomor telepon, alamat, dan waktu bermain untuk kebutuhan pelacakan. Kedua, pemerintah telah meningkatkan kapasitas kunjungan bioskop.

Bioskop di kabupaten atau kota dengan status PPKM Level 1 dan 2  bisa menerima penonton sampai maksimal 70 persen. Anak-anak juga diizinkan masuk ke bioskop di daerah dengan level 1 dan 2.

Berita Populer  Perhatian! Tarik Tunai di ATM Mandiri Terbatas Jadi Rp20 Juta per Hari

Ketiga, anak-anak kurang dari 12 tahun kini diperbolehkan masuk tempat wisata di level 2 yang sudah menggunakan Peduli Lindungi. Kunjungan anak-anak harus didampingi orang tuanya.

Keempat, pemerintah akan menambah lokasi uji coba tempat wisata di kota dan kabupaten dengan status level 3 sesuai dengan izin dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Di sisi lain, wisata air sudah mulai bisa dibuka untuk kabupaten dan kota yang masuk zona atau level 1 dan  2.

Berita Populer  Alhamdulillah, Ada Kabar Baik dari Orang Istana: Masa Kritis Covid Tinggal 2 Bulan

Kelima, sopir logistik yang sudah menerima dua kali vaksin dapat menunjukkan tes antigen sebagai syarat perjalanan domestik. Masa berlaku tes Covid-19 ini ialah 14 hari. Petugas di lapangan akan melakukan pengecekan acak.

BACA: PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang Hingga 8 November

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

Berita Terbaru