5 Penghalang Terkabulnya Doa

NKRIKU.COM – Doa merupakan bentuk komunikasi dari hamba-Nya kepada Allah SWT. Melalui doa kita juga dapat menyampaikan apa yang kita inginkan.

Semua orang tentu berharap agar semua doa yang telah dipanjatkan dapat diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT. Namun ada beberapa hal yang menjadi penghalang terkabulnya doa-doa kita.

Berikut ini 5 hal yang dapat menjadi penghalang terkabulnya doa yang telah dirangkum oleh NKRIKU.COM.

Memakan makanan haram dan memakai pakaian haram
Hal penghalang terkabulnya doa yang pertama adalah memakan makanan haram serta mengenakan pakaian haram. Hal ini telah diriwayatkan dalam hadits dari Abu Hurairah ra, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang seorang laki-laki yang telah menempuh perjalanan jauh, sehingga rambutnya kusut dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdoa: “Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.” Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dari yang haram, maka bagaimanakah Allah akan mengabulkan doanya?” (HR Muslim).Tergesa-gesa dalam berdoa
Berdoa merupakan hal yang harus dilakukan secara khusyu agar doa dapat diterima oleh Allah SWT. Namun memanjatkan doa dengan tergesa-gesa dapat menjadi penghalang atas terkabulnya doa bagi seorang hamba.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, “Doa salah seorang kalian dikabulkan selama ia tak tergesa-gesa dalam doanya. Sehingga ia mengeluh, ‘Aku sudah berdoa, namun doaku tak dikabulkan.’” (HR. Muslim)Mendzalimi orang lain
Dzalim merupakan salah satu perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT. Perbuatan dzalim ini dapat menjadi penghalang doa-doa kita untuk dikabulkan.
Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW bersabda, “Adapun kezaliman yang tidak akan dibiarkan oleh Allah adalah kezaliman manusia atas manusia lainnya hingga mereka menyelesaikan urusannya.”Bermaksiat kepada Allah SWT
Maksiat menjadi tindakan yang dapat menghalangi doa agar dapat dikabulkan oleh Allah SWT.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah raa, ia berkata, yang artinya, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang pezina itu berzina sedang ia dalam keadaan Mukmin. Tidaklah seorang peminum khamr itu meminum khamr sedang ia dalam keadaan Mukmin. Tidaklah seorang pencuri itu mencuri sedang ia dalam keadaan Mukmin. Dan tidaklah seorang perampok itu merampok dengan disaksikan oleh manusia sedang ia dalam keadaan Mukmin’.” (HR. Bukhari dan Muslim).Lalai kepada Allah SWT
Sikap lalai kepada Allah SWT yang dimaksud adalah selalu melakukan apa yang dilarang dan meninggalkan apa yang telah diperintahkan-Nya. Kelalaian seperti ini dapat menjadi sebab doa seseorang tidak dapat dikabulkan oleh Allah SWT.
Rasulullah SAW bersabda, “Ketahuilah oleh kalian semua, sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan doa dari orang yang hatinya lalai.” (HR at-Tirmidzi).

Berita Populer  Erdogan Tegaskan Lawan Sentimen Anti-Muslim

Itulah 5 hal yang menjadi penghalang terkabulnya doa yang perlu kita ketahui. Semoga informasi berikut ini dapat menjadi wawasan baru untuk kamu agar senantiasa meningkatkan taqwa dan iman dihadapan Allah SWT. 

Berita Populer  Doa Setelah Sholat, Lengkap dengan Artinya

Baca Juga:
Daftar 7 Artis Masuk Islam Ikut Agama Suami, Ada Sempat Murtad

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terbaru