5 Poin Penting Negosiasi Jokowi dan PM Yoshihide Suga, Jepang Suntik Dana Rp7 Triliun untuk COVID-19 di Indonesia

NKRIKU, Pada Selasa (20/10) pemerintahan Indonesia akhirnya mendapatkan lawatan perdana dari Perdana Menteri Jepang (PM) terbaru, Yoshihide Suga. Mendapatkan kehormatan ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menyambut antusias kunjungan Suga.

Terlebih, Indonesia menyandang status sebagai salah satu negara pertama yang didatangi oleh Suga. Jokowi pun menyebut kunjungan Suga telah menjadi simbol komitmen kuat kerja sama antara Indonesia-Jepang.

Namun, terlepas dari kebahagiaan Jokowi dalam menyambut Suga, bangsa Indonesia pastinya sangat ingin tahu dengan hasil pembicaraan antara kedua pemimpin.

baca juga:

Dilansir dari NKRIKU pada Rabu (21/10), berikut 5 poin penting hasil pembicaraan Jokowi dan PM Jepang, Yoshihide Suga.

1. Pengelolaan pandemi COVID-19

 Twitter/@jokowi

Melalui laman Twitter miliknya, Jokowi menerangkan bahwa salah satu poin yang dibahas tidak lain adalah tentang penanganan COVID-19. Jokowi juga menekankan bahwa Jepang telah menjadi mitra penting Indonesia dalam hal mitigasi pandemi.

“Jepang mitra penting Indonesia dalam mitigasi pandemi. Kita ingat evakuasi 69 WNI ABK Diamond Princess di Yokohama,” tulis Jokowi.

Sementara, AP News membeberkan bahwa Jepang telah bersedia memperpanjang pinjaman 50 miliar yen (Rp6,9 triliun) untuk menyokong ekonomi Indonesia yang terpukul karena pandemi.

Menurut Suga, dana itu rencananya akan disalurkan ke berbagai bidang, termasuk pencegahan bencana, hingga persediaan serta peralatan medis untuk institusi kesehatan.

Editor: Anugrah Harist Rachmadi

Berita Terbaru