5 Tanda Tangan Termahal di Dunia, Ada yang Tembus Rp140 Miliar!

NKRIKU, Tanda tangan tidak hanya bisa menjadi saksi sejarah tetapi juga bisa jadi saksi popularitas. Maka tak heran jika banyak fans yang rela merogoh kocek begitu dalam untuk mendapatkan tanda tangan dari idolanya. Sebuah tanda tangan juga akan bisa memiliki nilai begitu tinggi jika memiliki sejarah yang sangat penting.

Dilansir dari berbagai sumber, NKRIKU mengumpulkan sejumlah tanda tangan yang dianggap paling mahal di dunia.

1. George Washington

baca juga:
financesonline.com

Tanda tangan presiden pertama Amerika Serikat (AS), George Washington yang ada dalam Bill of Rights (Deklarasi Hak-hak) AS dianggap sebagai tanda tangan paling mahal di dunia. Dijual di pelelangan Sotheby pada tahun 2012 lalu, memorabilia tersebut terjual dengan harga USD 9,8 juta atau sekitar Rp143,9 miliar.

2. William Shakespeare

express.co.uk

Meskipun telah menuliskan lebih dari 38 teks drama hingga soneta, William Shakespeare tidak pernah meninggalkan tanda tangannya. Hanya ada sekitar enam dokumen yang menyimpan tanda tangan salah satu penyair terbesar di dunia ini. Salah satunya bahkan memiliki nilai mencapai USD 5 juta atau sekitar Rp73,4 miliar.

3. Abraham Lincoln

 financesonline.com

Pada tahun 1864 silam, Presiden Abraham Lincoln menandatangani Proklamasi Emansipasi (Emancipation Proclamation) yang berisi 48 lembar untuk menghentikan perbudakan di Amerika Serikat. Salah satunya berhasil dilelang dan terjual di harga mencapai USD 3,7 juta atau sekitar Rp54,3 miliar.

4. John Lennon

Berita Terbaru