by

5 Tips Memaksimalkan Portofolio Technical Writer Agar Cepat Dapat Kerja

Pasang

NKRIKU Portofolio menjadi salah satu andalan utama untuk mendapatkan perhatian dari recruiter. Hal ini banyak dilakukan oleh pelamar dari berbagai bidang, termasuk technical writer juga. 

Technical writer merupakan bidang kepenulisan teknis, di mana bidang ini berbeda dengan penulisan umum lainnya, seperti penulisan konten atau bahkan jurnalis. Belakangan ini penulisan teknis ini bahkan sudah memiliki cakupan yang lebih luas, bahkan termasuk semua dokumentasi terkait dengan proses teknis yang kompleks seperti laporan dan juga brief.

Di dalam prakteknya, berbagai informasi teknis yang disajikan dalam bentuk tulisan merupakan kategori technical writing. Format penulisan ini tidak terikat dengan buku panduan, namun harus disajikan dengan cara yang jelas. 

baca juga:

Technical writing bisa disajikan dalam berbagai bentuk, seperti: ringkasan, email, laporan teknis, dan yang lainnya. Jika kamu berniat meniti karir di bidang yang satu ini, pastikan kamu menyertakan portofolio yang tepat ketika melamar. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah, yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan portofolio technical writer:

1. Kumpulkan tulisan terbaikmu

Menunjukkan hasil kerja terbaikmu merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perhatian ketika melamar. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara mengumpulkan tulisan terbaikmu melalui portofolio. 

Kamu bisa mengumpulkan beberapa contoh tulisanmu dari beberapa kantor yang berbeda sekaligus. Jika ternyata kamu hanya bekerja di satu perusahaan saja, maka kumpulkan tulisan terbaikmu ini berdasarkan kategori saja. 

Jangan takut untuk mencantumkan beberapa tulisan yang berbeda, sebab ini justru bisa menjadi pertimbangan recruiter untuk melihat kemampuan menulismu secara luas. Portofolio yang relevan di bidang technical writing tentu akan bisa menjadi salah satu jalan mudah untukmu dalam mendapatkan pekerjaan.