oleh

529.870 Lembar Kertas Suara di Gowa Dilipat, Bawaslu Melakukan Pengawasan Ketat

GOWA, Nkriku– Menatap Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi Sulsel dan DPRD Kabupaten, yang berlangsung tidak lama lagi. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa, melakukan pengawasan ketat terhadap sortir dan pelipatan surat suara di Gelanggang Olahraga (GOR) Kabupaten Gowa, pada Minggu (17/03/2019).

Proses sortir dan pelipatan surat suara, melibatkan masyarakat setempat yang dilakukan berdasarkan jenis dan jumlah surat suara yang dibutuhkan untuk Pemilu 2019.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Lembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten Gowa, Juanto Avol menjelaskan, pihaknya melakukan pengawasan dengan pembagian jadwal shift sepanjang hari.

“Proses pelipatan ini, kami bagi dua shift perhari, shift pertama di mulai jam 9 pagi sampai jam 3 sore, kemudian shift kedua dilanjutkan sampai jam 10 malam. Setiap shift itu yang mengawasi ada Staff dari Bawaslu Gowa, Pangawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL),” jelasnya.

Pengawasan proses sortir dan pelipatan kertas suara, bukan hanya dari Bawaslu Gowa, aparat kepolisian dan pihak KPUD juga terlibat.

“Bawaslu Gowa akan melakukan pengawasan yang ketat. Diketahui jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Gowa per Desember lalu sebanyak 529.870, jumlah surat suara yang disediakan sebanyak jumlah DPT ditambah cadangan 2 persen,” tutup Juanto. (Rls/wd)

Loading...

Baca Juga: