by

6 Tips Agar Lulus Masa Percobaan Sewaktu Bekerja

Pasang

NKRIKU  Kamu berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang diimpikan sejak dulu? Selamat! Usaha, jerih payah, dan pengorbananmu selama ini ternyata tidak sia-sia.

Sayangnya, kamu belum dinyatakan sebagai karyawan tetap di perusahaan karena masih harus menjalani masa probation. Apa itu probation dan bagaimana caranya agar kamu bisa lolos selama menjalani masa ini? Simak penjelasannya di bawah ini

Apa Itu Masa Probation?

Probation adalah masa percobaan dalam jangka waktu 3-6 bulan yang harus dijalani seorang karyawan baru. Selama masa ini, pemimpin atau manajer di perusahaan akan menilai kinerja karyawan. Jika ternyata sesuai kualifikasi, karyawan boleh terus bekerja di perusahaan dengan sistem kontrak atau langsung dinyatakan sebagai karyawan tetap.

Jika selama probation performa seorang karyawan kurang baik, perusahaan berhak untuk tidak melanjutkan kontrak kerja dengan karyawan. Itu artinya, karyawan harus memulai pencarian kerja dari awal. 

Maka dari itu, setiap karyawan diharapkan menunjukkan skill terbaik selama masa probation agar bisa tetap lanjut bekerja di perusahaan tersebut. Berikut tips sukses biar lulus masa probation di perusahaan impian; 

1. Bekerja dengan sungguh-sungguh

Tips pertama adalah bekerjalah dengan sungguh-sungguh karena apapun yang kamu lakukan akan dinilai oleh atasan. Hilangkan kebiasaan menunda waktu untuk bekerja. Jika kamu bisa kerjakan hari ini, maka kerjakan dan lebih bagus lagi kalau sampai selesai.

Selain dari cara kerja di kantor, kesungguhanmu dalam bekerja juga dapat dinilai lewat kedisiplinan waktu, yaitu saat masuk kerja. Jadi, jangan biasakan datang terlambat. Ingatlah kalau kamu masih dalam masa probation, jadi jangan songong pakai acara terlambat segala.