7 Pantangan Makanan Bagi Penderita Hipertensi yang Harus Dihindari

NKRIKU.COM – Orang-orang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi penting untuk memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Sebab itu, ada beberapa makanan pantangan bagi penderita hipertensi yang harus dihindari.

Pantangan bagi penderita hipertensi salah satunya adalah makanan tinggi garam. Makanan bergaram bisa meningkatkan tekanan darah yang sangat berisiko memicu kondisi medis lainnya.

Contohnya, makanan yang banyak ditambahkan bahan tertentu, seperti MSG, baking soda, baking powder, dinatrium fosfat, natrium alginat, natrium sitrat, dan natrium nitrit.

Selain itu, ada banyak lagi makanan yang pantang dikonsumsi penderita hipertensi. Semua pantangan makanan tersebut menjadi peringatan bagi pasien darah tinggi.

Makanan Pantangan Bagi Penderita Hipertensi

Untuk diketahui, gejala awal hipertensi seringkali tidak terlihat. Bahkan bisa dialami bertahun-tahun tanpa disadari penderitanya. Kondisi paling parah bisa mengarah pada masalah kesehatan seperti penyakit jantung hingga stroke.

Sebelum kondisi semakin buruk dan meminimalisir risiko yang lain, ada baiknya mulai sekarang kamu menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari makanan sembarangan, sebagai berikut:

Berita Populer  Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat

1. Makanan tinggi garamMakanan tinggi garam (Unsplash/@emsmith)

Menurut ‘The 2015-2020 Dietary Guidelines for Americans’, orang dengan tekanan darah tinggi dianjurkan membatasi asupan sodium atau garam harian, paling sedikit 1.500 mg per hari.

Ikan asin maupun sayur dan buah asinan juga sebaiknya dihindari, karena mengandung kadar natrium dan sodium tinggi. 

2. Makanan kalenganpantangan makanan untuk tekanan darah tinggi yang harus dihindariMakanan kaleng (Wikipedia)

Suka konsumsi makanan kalengan seperti kornet dan ikan kalengan? Jika iya, sebaiknya mulai sekarang kamu kurangi. Kalau perlu, tidak usah dikonsumsi lagi.

Makanan kaleng tergolong kategori makanan tinggi natrium dengan rata-rata kandungan antara 200-700 mg per porsi.

Tak hanya ikan dan daging olahan, sayuran dan buah kalengan juga masuk dalam daftar makanan pantangan penderita hipertensi.

3. Makanan yang dibekukanfrozen food makanan yang dilarang untuk penderita darah tinggiMakanan yang dibekukan (Pixabay)

Makanan beku (frozen food) termasuk makanan ‘haram’ bagi penderita darah tinggi. Kandungan natrium pada frozen food sangat tinggi. Belum lagi, natrium dari bumbu penyedap rasa di dalamnya juga tidak baik untuk kesehatan.

Berita Populer  Minum Teh Kembang Sepatu Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

The Dietary Guidelines for American menjelaskan semua makanan beku lebih banyak mengandung sodium dibandingkan makanan segar. Jumlah sodiumnya berkisar antara 1300-1400 mg.

4. Makanan cepat sajimakanan pantangan penderita tekanan darah tinggiFast food (Unsplash/@jonathanborba)

Makanan cepat saji (fast food) mengandung kalori dan natrium tinggi, paling banyak dalam mi instan, ayam goreng, pizza, hamburger, dan kentang goreng.

Jenis ikan olahan (ikan asin dan ikan yang diasap) serta daging olahan (daging ham, sosis, dan jenis makanan beku) juga termasuk makanan tinggi garam yang harus dihindari.

Kandungan lemak trans dan lemak jenuh di dalam makanan cepat saji berisiko meningkatkan kadar kolesterol darah.

The Dietary Guidelines for American menyebutkan fast food mengandung sodium sebanyak 270 mg dan lemak sebanyak 19 gram.

5. Makanan manismakanan yang harus dihindari penderita hipertensi darah tinggiBiskuit manis (Unsplash/@molliesivaram)

Selain makanan bergaram dan berbumbu, pantangan makanan untuk darah tinggi yaitu makanan manis, seperti kue, roti tawar, donat, permen, sereal instan, biskuit, pancake, dan camilan manis lainnya.

Berita Populer  Ragam Buah-buahan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Bukan hanya meningkatkan kadar gula, tetapi juga menambah berat badan hingga berujung pada kondisi obesitas.

Dalam sehari, batas maksimal gula yang masih aman dikonsumsi pria sekitar 9 sendok teh dan 6 sendok teh untuk wanita.

6. Makanan berlemak tinggimakanan tinggi lemak pantangan penderita darah tinggiDaging tinggi lemak (Unsplash/@joseignaciopompe)

Produk hewani banyak sekali mengandung lemak jenuh. Kalau kamu konsumsi dalam jumlah berlebihan, kadar kolesterol jahat (LDL) akan meningkat dan berefek pada penyakit hipertensi yang diderita.

Jenis makanan tinggi lemak yang harus dihindari seperti susu, mentega, daging merah, kulit ayam, dan daging olahan (frozen food).

7. Daging olahanmakanan larangan bagi penderita darah tinggi hipertensiDaging olahan sosis (Unsplash/mali maeder)

Daging olahan termasuk makanan terlarang untuk penderita tekanan darah tinggi. Satu porsi daging olahan berukuran 2 ons menyimpan sekitar 500 mg sodium atau lebih. Contoh daging olahan misalnya sosis.

Itulah beberapa makanan pantangan untuk darah tinggi yang sebaiknya dihindari, bahkan tidak dikonsumsi terlalu sering. Karena, kandungan makanan tersebut bisa meningkatkan risiko hipertensi.

Artikel Menarik Lainnya:

Berita Terbaru