AHY Banggakan 10 Tahun Pemerintahan SBY: Kemiskinan Turun, Demokrasi Dijamin


NKRIKU – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY membanggakan capaian pemerintahan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono selama 10 tahun.

AHY menyebut, pendiri sekaligus Ketua Eksekutif Forum Ekonomi Dunia Klaus Martin Schwab mengatakan Indonesia mengalami masa keemasan di era kepemimpinan SBY.

“Founders sekaligus Executive Chairman dari Economic Forum Klaus Schwab pernah mengatakan, Indonesia mengalami masa keemasannya dikatakan sebagai a golden decade of Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden SBY,” kata AHY di hadapan SBY dalam peringatan HUT ke-20 Demokrat, Kamis (9/9).

AHY menjelaskan, selama 10 tahun pemerintahan SBY, RI mampu menjaga stabilitas politik, melunasi utang luar negeri hingga pertumbuhan ekonomi berjalan baik.

“Selama 10 tahun, 2004-2014, Bapak SBY bersama pemerintahannya berhasil menjaga stabilitas politik dan keamanan, berhasil melunasi utang dan juga menurunkan rasio utang luar negeri terhadap PDB secara signifikan, kita tahu berapa rasio utang kita hari ini terhadap PDB,” kata AHY.

“Kemudian ekonomi kita tumbuh tinggi dengan rata-rata 6 persen selama 10 tahun tadi. Dan meski dunia menghadapi krisis ekonomi global pada 2008, kita juga tidak sangat terpuruk. Bahkan di antara negara-negara G20, pertumbuhan ekonomi kita tertinggi kedua di dunia setelah Tiongkok,” imbuhnya.

Tak hanya itu, putra sulung SBY ini juga mengatakan ayahnya juga aktif membangun infrastruktur di masa pemerintahannya. Namun, pembangunan infrastruktur dibarengi dengan pembangunan manusia.

“Jadi tentu pembangunan infrastruktur bukan hanya hari ini, tetapi sepuluh tahun di bawah pemerintahan SBY dulu, pembangunan infrastruktur dalam kerangka roadmap atau blue print juga dilakukan di berbagai wilayah tanah air. Tapi itu semua tanpa harus mengorbankan pembangunan manusia terutama di sektor pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan rakyat,” jelas AHY.

Tak hanya itu, selama pemerintahan SBY, tingkat pendapatan masyarakat juga meningkat. Angka kemiskinan hingga pengangguran dapat ditekan dengan baik.

“Alhamdulillah pendapatan masyarakat kita ketika itu juga meningkat signifikan. Serta sebaliknya, angka kemiskinan ketimpangan juga pengangguran dapat ditekan dan diturunkan dalam aspek yang lain,” ujar AHY.

AHY menekankan, di bawah kepemimpinan SBY, Indonesia dihormati dan disegani oleh negara-negara sahabat. 

Begitu juga dengan kehidupan demokrasi. SBY dianggap dapat menjaga kedamaian hingga kerukunan antar anak bangsa.

“Kita tahu kehidupan demokrasi serta kedamaian, kebhinekaan dan kerukunan anak bangsa dapat terjaga dengan baik termasuk kebebasan pers dan civil society,” tutup AHY. [kumparan]

Berita Terbaru