Akui Tak Punya Lab, MER-C Cek Sampel Swab Rizieq di Mana?

NKRIKU.COM – Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dr Sarbini Abdul Murad tak menampik pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang membongkar jika organisasi kemanusiaan non-profit itu tak memiliki laboratorium. Hal itu terungkap sejak Habib Rizieq diklaim sudah menjalani tes swab melalui MER-C.

Meski tak membantah omongan Mahfud, Sarbini Sarbini atau kerap disapa Ben mengaku jika sampel tes swab Covid-19 diserahkan ke sebuah laboratorium kredibel.  Meski lokasi dan nama dirahasiakan, Ben mengaku jika sampel swab Rizieq di sebuah laboratorium yang disebut mumpuni mengecek sampel Covid-19. 

Berita Populer  Mahfud MD: Pemerintah Akan Tindak Tegas Pembuat Kerumunan

“Tapi yang kita ambil tes swab itu kita bawa ke lab yang kredibel yang sesuai dengan kemampuan untuk mendeteksi Covid-19,” kata Ben saat dihubungi NKRIKU.COM, Senin (30/11/2020).  Namun, Ben enggan menyebut laboratorium mana yang memeriksa sampel swab test milik Rizieq tersebut. 

Lebih lanjut, Ben juga memastikan kalau pelaksanaan swab test Covid-19 Rizieq dilakukan di RS Ummi, Bogor, lokasi di mana orang nomor satu di FPI itu menjalani perawatan. Pelaksanaan swab test Covid-19 itu diklaim Ben dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Berita Populer  Cegah Kerumunan, PA 212 Imbau Polda Metro Batalkan Pemanggilan Habib Rizieq

Baca Juga:
Bima Arya Akan Cabut Laporan soal RS Ummi Bogor, Polisi: Tidak Bisa!

“Yang pasti kita lakukan pasti profesional. Yang swab itu pakai APD level III, standar itu, hal-hal seperti itu enggak perlu ditanya lagi, itu sudah menjadi protap dokter lah.”

Menko Polhukam Mahfud MD sebelumnya mengatakan bahwa hasil negatif corona pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang diklaim MER-C harus dipastikan kebenarannya, sebab lembaga medis itu tak terverifikasi dalam data pemerintah.

Menurut Mahfud, berdasarkan catatan pemerintah, MER-C tidak terdaftar dalam daftar fasilitas kesehatan atau lembaga medis yang berwenang melakukan tes corona.

Berita Populer  Prabowo Ingin Beli 100 Jet Tempur, Iwan Fals: Widih Serem

“Berdasarkan catatan MER-C itu tidak punya laboratorium dan tidak terdaftar dalam jaringan yang memiliki kewenangan dalam melakukan tes,” kata Mahfud dalam jumpa pers usai rapat, Minggu (29/11/2020).

Oleh sebab itu, Mahfud meminta pihak MER-C termasuk Rumah Sakit UMMI Bogor yang merawat Rizieq untuk memberikan keterangan kepada petugas medis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terkait hasil negatif tersebut.

Baca Juga:
Rahasia Tes Swab Rizieq Dibongkar Mahfud MD, MER-C: Kami Tak Punya Lab

Berita Terbaru