by

ALHAMDULILLAH! BLT Ibu Hamil Cair Rp750 Ribu Juli 2022, Cek Segera Apa Anda Jadi Penerima?

Pasang

NKRIku.com – Kabar Baik, berikut informasi terkait BLT ibu hamil Juli 2022 yang cair Rp750 Ribu, simak cara cek nya dengan membaca ulasan dibawah ini sampai selesai.

Perlu diketahui, bahwa BLT ibu hamil merupakan bagian dari bansos Progam Keluarga Harapan (PKH), dimana pada mulai bulan Juli ini sudah masuk pencairan tahap 3.

Proses pencairan PKH tahap 3 sedang dalam proses distribusi di mana jadwal cair selama tiga bulan untuk tahap 3, yaitu bulan Juli, Agustus dan September 2022.

Bansos PKH atau Program Keluarga Harapan merupakan program Kemensos yang bertujuan untuk membantu masyarakat miskin agar terbebas dari jerat kemiskinan.

Adapun kategori penerima bansos PKH dari Kemensos, antara lain BLT anak usia dini, siswa SD sampai SMA, lansia, penyandang disabilitas dan ibu hamil.

Jika Nama Anda masuk dalam daftar nama penerima PKH, masyarakat miskin bisa memperoleht bansos sebesar Rp10,8 juta jika memenuhi syarat yang ditetapkan Kemensos.

Jika ada masyarakat belum dinyatakan masuk sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM), maka bisa mempunyai kesempatan untuk daftar PKH secara online yang masih terus dibuka melalui HP.

Untuk mengecek daftar penerima, masyarakat bisa mengecek di 2 link Kemensos, yakni cekbansos.kemensos.go.id dan dtks.kemensos.go.id.

Ada tujuh kriteria penerima PKH akan menerima bantuan dengan nominal yang berbeda-beda, dari mulai ibu hamil hingga kelompok lansia.

Berikut rincian penerima bansos PKH beserta besaran bantuan sebagaimana dilansir MEDIA BLORA dari berbagai sumber:

  1. Ibu hamil menerima PKH Rp3 juta setahun atau Rp750 ribu per tahap
  2. Anak usia dini menerima PKH Rp3 juta setahun atau Rp750 ribu per tahap
  3. Pelajar SD/Sederajat menerima PKH Rp900 ribu setahun atau Rp225 ribu per tahap
  4. Pelajar SMP/Sederajat menerima PKH Rp1,5 juta setahun atau Rp375 ribu per tahap
  5. Pelajar SMA/Sederajat menerima PKH Rp2 juta setahun atau Rp500 ribu per tahap
  6. Difabel menerima PKH Rp2,4 juta setahun atau Rp600 ribu per tahap
  7. Lansia menerima PKH Rp2,4 juta setahun atau Rp600 ribu per tahap

Berikut adalah cara cek daftar penerima BST Kemensos 2022

  1. Masuk di link cekbansos.kemensos.go.id
  2. Pilih nama provinsi sanpai desa sesuai alamat di KTP
  3. Masukkan nama lengkap sesuai KTP dan kode verifiksi yang tertera di layar
    Klik tombol ‘Cari Data’
  4. Muncul daftar penerima bantuan ini.

Selanjutnya, jika belum terdaftar sebagai penerima Bansos PKH, warga miskin bisa mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi Cek Bansos. Caranya sebagai berikut :

  • Download aplikasi Cek Bansos di Google Play Store
  • Jika belum punya akun, daftar terlebih dahulu membuat user id memakai data diri lengkap seperti KTP, KK dan foto selfie
  • Jika akun selesai dibuat, login kembali ke aplikasi Cek Bansos menggunakan user id dan password
  • Kemudian akan muncul menu Profil, Cek Bansos, Tanggapan Kelayakan, dan Daftar Usulan
  • Jika ingin mendaftar bisa klik menu Daftar Usulan
  • Daftar calon penerima Bansos PKH dengan memasukkan data diri lengkap, lengkap dengan foto selfie dan foto rumah

Setiap waktu, Kemensos mengupdate daftar nama penerima lewat situs cekbansos.kemensos.go.id dan dtks.kemensos.go.id, pastikan selalu update cek namamu secara berkala.

Jika namamu muncul dalam daftar tersebut usai cek KTP di link cekbansos.kemensos.go.id, kamu tandanya bisa mendapatkan Rp2,4 juta sampai Rp3 juta.

Demikianlah informasi terkait cara cek penerima manfaat BLT ibu hamil Juli 2022 yang cair hingga Rp750 ribu untuk tahap 3.***

Artikel ini telah tayang di blora.pikiran-rakyat.com dengan judul Alhamdulillah.! BLT Ibu Hamil Cair Rp750 Ribu Bulan Juli 2022, Cek Segera Apakah Anda Menjadi Penerima?