by

ALHAMDULILLAH! Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Minyak Goreng, Cek Lokasinya Disini

Pasang

NKRIku.com – Presiden Joko Widodo blusukan ke Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, dan Pasar Gunung Batu, Kota Bogor, pada Selasa, 17 Mei 2022.

Selain membagikan bansos dan sembako di kedua pasar tersebut, Presiden juga mengecek langsung harga dan ketersediaan minyak goreng.

Blusukan pertama ke Pasar Cibinong. Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, dan Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan langsung menyapa sejumlah penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan menyerahkan Bantuan Modal Kerja (BMK) sebesar Rp 1,2 juta.

“Sudah terima semua? Ini untuk tambahan modal usaha ya, jangan untuk beli HP ya,” ujar Presiden kepada para penerima. Selain BMK, Presiden juga membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng sebesar Rp 300 ribu kepada para penerima PKH dan para pedagang.

Selepas dari Pasar Cibinong, Presiden beranjak menuju Pasar Gunung Batu dan membagikan bantuan sosial serupa.

Presiden juga sempat membeli mangga sebanyak 3 kilogram dari salah satu penjual.

Selain membagikan bansos dan sembako, di kedua pasar tersebut Presiden juga mengecek langsung harga dan ketersediaan minyak goreng.

Harga minyak goreng curah terpantau sudah lebih stabil, namun bervariasi di beberapa pedagang.

Azis Setiawan, salah satu pedagang sembako di Pasar Cibinong menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa minyak goreng curah yang ia jual berada pada harga Rp 20 ribu per kilogram.

“Harga minyak goreng sih stabil, cuma harganya tinggi sedikit, Rp 20 ribu per kilo,” ujarnya.

Pedagang lainnya yaitu Dania, penjual gorengan di Cibinong mengeluhkan pendapatannya tidak menentu, terlebih saat ini harga minyak goreng masih mahal.

Selain Dania, penerima bantuan dari Presiden Jokowi yaitu Noneng.

Penjual telur gulung di Cibinong ini menuturkan sulitnya mendapatkan minyak goreng. Kalau pun ada, harganya melambung tinggi.

Sementara itu, terkait penyaluran BLT minyak goreng, EVP Regional 2 Jakarta PT Pos Indonesia Arifin Muchlis mengatakan dilakukan berbarengan dengan proses perekaman lokasi rumah keluarga penerima manfaat (KPM).

Perekaman lokasi berupa geotagging dan memotret rumah KPM.

“Proses geotagging dan pemotretan dilakukan paralel dengan penyaluran BLT minyak goreng. Saat ini geotagging di wilayah regional 2 Jakarta sudah 80 persen. Kami mengejar target selesai pada akhir Mei 2022,” kata Arifin.

Kepala kantor pos Cibinong Cecep Yusuf mengatakan, geotagging di wilayahnya tercapai 70 persen dari target 84 ribu KPM.

“Di Cibinong sekitar 70 persen karena banyak daerah sulit, dan blankspot. Target kami akhir bulan Mei selesai,” kata Cecep.

Meskipun geotagging masih jauh dari target, penyaluran BLT minyak goreng di Cibiong sudah tercapai 99 persen.

Target penyaluran 84 ribu KPM hanya tersisa 380 KPM. “Kemungkinan tidak akan tersalurkan karena KPM sudah meninggal,” katanya.

Di antara jutaan KPM yang telah menerima BLT minyak goreng adalah Nurhayati. KPM dari Cibinong ini sehari-hari menjalani profesi ibu rumah tangga dan membuka usaha warung kecil-kecilan di depan rumah.

“Alhamdulillah, senang bisa terima bantuan. Saya sangat terbantu untuk menambah modal usaha, terutama untuk membeli minyak goreng dan keperluan sehari-hari. Terima kasih kepada Bapak Jokowi, Kemensos, dan PT Pos Indonesia yang sudah memberikan bantuan,” tutur Nurhayati. (*)

Artikel ini telah tayang di nasional.tempo.co dengan judul Blusukan, Presiden Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Minyak Goreng