by

ALHAMDULILLAH! Kabar Bahagia Dari Bali, Sebanyak 162.541 Warga Terima BLT BBM

Pasang

NKRIku.com – Sebanyak 162.541 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial (Bansos) Kartu Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Bali telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) disertai Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Satgas Pembayaran BLT-BBM KCU Denpasar, I Gusti Ngurah Gede Mahaputra.

Menurutnya, data tersebut merupakan data sejak Rabu (7/9/2022) hingga Senin (19/9/2022) pukul 13.17 Wita.

“Kami target menyelesaikan pembayaran pada minggu ini dengan 100 persen tersalurkan, kecuali yang tidak berhak. Dan untuk penghentian pembayarannya menunggu perintah tutupnya,” katanya ketika dihubungi detikBali pada Senin (19/9/2022).

Adapun alokasi BLT yang tersalurkan di Bali, yaitu 165.383 penerima. Sementara untuk titik pembayaran, kata Gusti, ada sebanyak ada 349 lokasi pembayaran, dengan 51 outlet Kantor PT Pos Indonesia dan 298 komunitas, yang terdiri dari Kantor Desa atau Kantor Camat dan juga wantilan.

“Sampai saat ini tidak ada kendala berarti karena dalam pengambilannya sendiri begitu mudah, cukup bawa KTP dan surat pemberitahuan. Yang sering terjadi adalah ketidakhadiran warga yang tidak sesuai dengan jadwal,” ungkapnya.

Namun, meskipun demikian, pihaknya tetap memberikan kesempatan bagi penerima untuk tetap mengambil BLT tersebut di titik-titik yang telah disediakan.

“Lamanya pelayanan tidak sampai 1 menit, tapi, memang kadang-kadang ada (KPM) yang sudah dijadwalkan jam berapa lalu datangnya jam berapa. Untuk penerima sendiri juga antusias dalam mendapatkan hak mereka, walaupun masih ada yang belum bisa mengambil sesuai dengan jadwal karena ada kesibukan,” terangnya.

Untuk diketahui, penerima BLT BBM akan menerima sebanyak Rp 150 ribu per bulan, namun, mekanisme penyalurannya dibagi dalam 2 tahap.

Tahap pertama pada September, yakni Rp 300 ribu, yang kemudian dilanjutkan nanti pada tahap keduanya di Desember senilai Rp 300 ribu.

Kemudian, PT Pos Indonesia sebagai agen penyaluran BLT BBM juga menyalurkan BPNT untuk bulan September dengan nominal Rp 200 ribu.

Sehingga, nantinya penerima akan mendapatkan Rp 300 ribu dan disertai dengan Rp 200 ribu.(***)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul 162.541 Warga di Bali Sudah Terima BLT BBM