by

Anies Bicara Janji Kampung Susun Bayam, Netizen Sindir Giring PSI

NKRIKU – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampung Susun Bayam, Jakarta Utara. Anies mengatakan dalam proses pembangunan memang ada urutannya.

“Alhamdulillah, satu lagi janji akan ditunaikan, kita mulai babak baru dengan peletakan batu pertama pembangunan Kampung Susun Bayam,” tulis Anies di akun Twitternya, @aniesbaswedan yang dikutip pada Senin, 9 Mei 2022.

Dalam tulisan di akun Facebook-nya, Anies menjelaskan proses pembangunan ada urutannya. Menurut dia, bagi yang menjalani proses pembangunan itu akan terasa lama. Namun, jika sudah terbangun maka akan jadi tempat yang bisa menorehkan sejarah panjang di masa depan.

Dia mengatakan Kampung Bayam merupakan permukiman yang terdampak pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

“Maka dari itu, Pemprov DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pelaksana proyek JIS melakukan penataan Kampung Susun Bayam,” jelas Anies.

Pun, Anies menyampaikan Jakpro juga sudah melakukan kegiatan sosialisasi dengan Resettlement Action Plan (RAP) bersama warga sekitar yang terdampak pembangunan JIS sejak Oktober 2019. Kata dia, RAP ini bertujuan agar warga yang terdampak tidak mengalami penurunan kualitas hidup. 

“Tetap dapat hidup berkelanjutan, serta anak-anak dapat meraih apa yang dicita-citakan,” tambah Anies.

Dia mengatakan dengan pembangunan Kampung Susun Bayam juga sebagai pesan bahwa Pemprov DKI Jakarta melakukan pembangunan yang memfasilitasi semua. “Di mana warga mendapatkan kesempatan yang sama, termasuk warga Kampung Bayam yang berada di dekat pembangunan JIS,” ujar Anies.

Netizen menanggapi unggahan Anies di akun Twitter. Suara mereka terbelah ada yang mendukung dan mengkritik Anies.

“Semoga tidak berakhir tragis seperti rumah dp 0 persen,” tulis netizen.

“Ini yg serimg ditagih Fadli Zon itu ya? Alhamdulillah semoga lancar berjalan terwujud,” kata netizen lainnya.

Namun, ada juga netizen yang berkomentar lucu. Dia menyindir agar Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha main ke Kampung Bayam dengan sambil bernyanyi.

“Halo @psi_id, @Giring_Ganesha maen2 donk ke kampung bayam, nyanyi2 lagi,” tulis akun lainnya.

Sebelumnya, dalam suatu kesempatan pada Januari 2022, Giring Ganesha pernah menemui warga Kampung Bayam yang tergusur proyek pembangunan JIS. Giring yang menyindir Anies menggunggah momen itu melalui akun Instagramnya. Dia juga sempatr memberikan bantuan sembako kepada warga sekitar JIS.

“Seperti biasa PSI selalu melakukan aksi sosial kepada warga dan kebetulan hari ini kami temukan beberapa warga yang kurang beruntung tergusur proyek yang dulu katanya hanya Firaun yang bisa melakukan,” tulis Giring dalam akun Instagramnya, @giring.

Berita Terbaru