Antisipasi Bencana, Mensos Risma Pastikan Kesiapan Makanan dan Peralatan

NKRIKU.COM – Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengunjungi Gudang Logistik yang ada di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel) pada Selasa, (11/5/2021). Kunjungannya dalam rangka mengecek kesiapan pemerintah dalam menghadapi bencana yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang. 

Salah satu yang difokuskan dalam kunjungan ini adalah kesiapan permakanan dan peralatan. Sebab dua hal ini menjadi bagian paling penting saat bencana mendadak datang.

Kata Risma, gudang logistik perlu dilengkapi dengan stok makanan yang memadai. Sehingga perlu ada cara pengawetan yang bagus guna menjaga stok makanan agar tetap layak ketika disalurkan ke masyarakat.

Berita Populer  Ibu Hamil dan Balita Dapat BLT Rp3 Juta Lewat PKH

“Di gudang logistik perlu cara pengawetan sehingga saat terjadi bencana bantuan bisa cepat dikirim,” ujar Risma saat meninjau gudang logistic di Jalan Lintas Sumatera Kec Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Selasa, (11/5/2021).

Baca Juga:
Mensos Santuni Keluarga Anggota Brimob yang Gugur di Papua

Lebih jauh Risma menjelaskan, gudang logistik juga perlu menampung peralatan kebencanaan, seperti perahu karet dan perlengkapan evakuasi yang biasa digunakan oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Berita Populer  Angka Kemiskinan Tinggi, Mardani ke Risma: Mensos Tak Bisa Cuma Blusukan

Terkait peralatan kebencanaan, Risma juga memastikan kesiapan tenda darurat yang terbuat dari bahan PVC. Menurutnya, tenda jenis tersebut bisa menurunkan suhu udara panas dan didesain antiangin.

“Sudah dicek model tenda darurat yang harus ada bolongan agar ada tiang penyangga, jadi jangan hanya lembaran terpal yang begitu saja,” tegas Risma.

Dalam kesempatan tersebut, pengeloaan gudang logistik secara digital. Sehingga bisa terpantau berapa data  dalam gudang. Ini juga demi mengurangi penggunaan kertas.

Risma menjelaskan, kesiapan bencana ini belajar dari bencana yang menimpa wilayah timur Indonesia beberapa waktu lalu. Di mana, pengiriman logistik dengan moda transportasi laut terkendala gelombang, jalur darat terkendala jalan yang rusak parah. Sehingga berakibat pada pengiriman bantuan bagi para korban. Risma enggan ini terjadi ke depannya, jika ada bencana yang melanda.

Berita Populer  Awasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional, Kemensos Gandeng Kejaksaan Agung

Baca Juga:
Pastikan Layanan bagi Disabilitas Berjalan Baik, Mensos Kunjungi Palembang

Pada kesempatan itu, Risma memberikan motivasi secara tertulis kepada Pelopor Perdamaian di Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS).

Berita Terbaru