Antrean Rapid Test di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir Mengular

NKRIKU, Lonjakan penumpang Kereta Api luar di sejumlah stasiun berimbas pada panjangnya antrean rapid tes calon penumpang yang hendak meninggalkan Ibu Kota jelang libur panjang.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menuturkan, antrean panjang rapid test Covid-19 terjadi di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Antrean panjang di dua stasiun tersebut sudah terjadi sejak Senin (26/10/2020) kemarin.

“Bertambahnya penumpang KA jelang libur panjang juga berdampak pada padatnya antrian rapid tes di stasiun,” kata Eva kepada wartawan, Selasa (27/10/2020).

baca juga:

Eva merinci, Senin kemarin layanan rapid di Stasiun Pasar Senen dan Gambir mencapai 1.900 calon penumpang. Para calon penumpang KA jarak jauh ini melakukan rapid tes sehari jelang keberangkatan.

“Untuk menghindari keterlambatan atau tertinggal KA, penumpang memang diimbau agar melakukan rapid tes H-1 sebelum jadwal keberangkatan,” tuturnya.

Eva melanjutkan, bila calon penumpang tidak bisa melakukan rapid test sehari sebelum keberangkatan maka diminta untuk lebih awal datang ke stasiun.

“Tidak disarankan datang 3 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari resiko tertinggal KA mengingat antrean rapid test di stasiun cukup padat,” ucapnya.

Rapid tes bagi calon penumpang KA tidak harus dilakukan di stasiun. Penumpang bisa rapid test di klinik-klinik terdekat kediamannya. Di area Daop 1 Jakarta layanan rapid tes bagi calon penumpang dilayani di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan jam operasional pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB serta biaya sebesar Rp85.000. 

Bagi calon penumpang yang kedapatan reaktif saat rapid test tidak diperkenankan melakukan perjalanan KA dan tiket akan dilakukan pengembalian bea 100 persen diluar bea pesan serta disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

“Calon penumpang KA yang ingin melakukan rapid tes di stasiun harus memiliki kode booking tiket KAJJ yang telah terbayar lunas,” tuntasnya.[]

Berita Terbaru