by

Apa Arti Marhaban Ya Ramadhan? Kalimat yang Sering Diucapkan Menjelang Bulan Puasa Ramadhan

Pasang

NKRIKU.COM – Beberapa hari lagi, seluruh umat muslim akan menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah. Ketika menjelang datangnya Ramadhan, tidak jarang orang mengucapkan kata “Marhaban Ya Ramadhan”. Lantas apa arti Marhaban Ya Ramadhan? Simak ulasannya berikut ini.

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang selalu dinanti-nanti oleh setiap umat muslim di seluruh dunia.

Sebab, bulan ini merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan dan pahala layaknya seribu bulan. Salah satu amalan wajib pada bulan Ramadhan adalah berpuasa.

Ketika bulan Ramadhan tiba, seluruh amal perbuatan dan pahala akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup serta para setan yang ada di dalam neraka dirantai. Hal ini sebagaimana pernah disabdakan Nabi Muhammad SAW sebagai berikut.

Baca Juga:
Kumpulan Hadits Tentang Ramadhan yang Diriwayatkan Imam Ahmad, Muslim, Tirmidzi hingga Bukhari

“Ketika Ramadhan masuk, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan dirantai.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Arti Marhaban Ya Ramadhan

Tak terlepas dari ibadah pada bulan Ramadhan, setiap muslim juga memberikan ucapan satu sama lain seperti “Marhaban Ya Ramadhan”.

Kata-kata dalam bahasa Arab ini tidak jarang menghiasi spanduk, poster dan media sosial sebagai bentuk sambutan bulan Ramadhan.

Setiap muslim dapat mengucapkan kata dalam bahasa Arab tersebut sebagai penanda bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba.

Baca Juga:
Kapan Puasa Hari Pertama 2022 1 Ramadhan 1443 H? Yuk Simak Penjelasan Muhammadiyah dan Kemenag

Secara istilah Marhaban Ya Ramadhan adalah “Selamat Datang Bulan Ramadhan”. Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “marhaban” memiliki arti kata seru untuk menyambut maupun menghormati kedatangan tamu atau selamat datang.