Aplikasi Sinar: Pembuatan SIM Baru dan Perpanjangan Secara Online

NKRIKU.COM – Polri akan segera merilis aplikasi pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang bernama Sinar (SIM Nasional Presisi). Apa itu aplikasi Sinar?

Aplikasi ini akan dirilis pada tanggal 12 April 2020 yang akan datang yang dapat diunduh melalui smartphone berbasis Android maupun iOS. Diharapkan aplikasi ini dapat mempermudah pembuatan dan perpanjangan SIM bagi para penggunanya dan juga dapat mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke satpas.

Berita Populer  Demi Kuota Harian Perpanjangan SIM, Warga Antre dari Subuh

Aplikasi ini dapat digunakan oleh masyarakat dalam mengurus SIM A (Mobil) maupun SIM C (Motor) secara online tanpa perlu datang ke satpas. Bagi pembuat SIM baru, pemohon SIM tetap harus datang ke Satpas untuk melakukan ujian praktik namun dengan catatan harus lolos atau memenuhi persyaratan saat melakukan registrasi online melalui aplikasi Sinar.

Pembayaran yang dilakukan dalam pembuatan SIM baru maupun perpanjangan dapat dilakukan secara online melalui rekening. Bagi para pengguna yang ingin melakukan pembuatan SIM baru maupun melakukan perpanjangan SIM dapat menyimak langkah-langkahnya berikut ini.

Berita Populer  Perpanjangan SIM Membludak, Waktu Dispensasi Bakal Ditambah

Baca Juga:
Cara Buat SIM Online, Agar Cepat dan Tak Perlu Antri Panjang

Pembuatan SIM baru melalui aplikasi Sinar:

Download aplikasiRegistrasi (NIK)Face recognitionPilih jenis SIMPembayaran PNBP SIM baruUjian teori online yang didahului simulasi contoh soalLulus dan mendapat QR CodePilih SatpasPilih jadwal ujian praktik

Perpanjangan SIM melalui aplikasi Sinar:

Download aplikasi SinarVerifikasi No. HP (OTP)Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie)Verifikasi NIK dan SIMPilih jenis SIM dan lokasi SatpasVerifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologiIsi rekening pengembalian (pembatalan)Pilih metode pengirimanUpload pas foto dan tanda tanganPembayaran PNBP dan biaya kirimCetak SIMPengirimanSIM diterima pemohon

Berita Populer  Warga Antre Perpanjang SIM di Polres Jaksel Sejak Subuh

Demikian informasi mengenai aplikasi Sinar sebagai aplikasi dalam pembuatan SIM baru dan perpanjang secara online yang akan diluncurkan pada tanggal 12 April 2021 mendatang.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Baca Juga:
Tak Perlu ke Satpas, Ini Cara Perpanjangan SIM Lewat Smartphone

Berita Terbaru