Apple Rilis iPhone 13 Series, Ini Keunggulannya Dibanding iPhone 12

NKRIKU, Jakarta – Apple resmi merilis iPhone 13 series. Hal ini diungkapkan dalam peluncuran Apple Event yang digelar secara live streaming dari Califonia selasa lalu. Smartphone ini kemudian disandingkan dengan iPhone 12 yang dirilis tahun lalu.

Mengutip dari laman resmi Apple, iPhone 13 akan tersedia dalam lima warna yaitu pink, blue, midnight, starlight, product (red), dan warna Sierra Blue untuk iPhone 13 Pro. iPhone 13 dibuat lebih bertenaga, mempuni dan menyenangkan untuk digunakan.

Jika dibandingkan dengan iPhone 12, ada beberapa perbedaan yang tampak. Mengutip dari laman Tom’s Guide, berikut ini perbedaannya:

1. Desain dan tampilan

Jika dilihat dari segi desain, kedua smartphone ini tidak memiliki banyak perbedaan. Namun pada iPhone 13, Apple menghadirkan notch yang lebih kecil. iPhon 13 dibuat dengan tepi datar yang sama dengan tampilan Ceramic Shield untuk daya tahan yang lebih baik.

Berita Populer  Tergiur Beli Kamera Harga Rp 40 Ribu di Online Shop, Barang yang Datang Bikin Trauma

Tampilan iPhone 13 pun berbeda dari iPhone 12, meski panel AMOLED yang digunakan dalam iPhone 13 memiliki ukuran yang sama dengan sebelumnya. Sebaliknya, Apple menjanjikan tampilan yang lebih cerah, yaitu 28 persen lebih terang dari layar iPhone 12.

iPhone 13 dan 13 mini dapat menghasilkan kecerahan 800 nits sementara model iPhone 13 Pro menghasilkan hingga 1.000 nits. Apple juga menghadirkan layar yang lebih besar untuk keluaran iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, yang merupakan ponsel Apple pertama dengan layar ProMotion.

2. Kamera

Kamera menjadi fitur utama yang membedakan iPhone 12 dengan iPhone 13. iPhone keluaran baru ini memiliki kamera utama 12MP yang memiliki sensor terbesar pada iPhone dual-camera. iPhone 13 ini menggunakan fitur stabilisasi gambar optikal sensor shift yang ditambahkan Apple ke iPhone 12 Pro Max tahun lalu. Selain itu ada lensa ultrawide yang menambahkan lebih banyak detail di area gambar yang lebih gelap.

Berita Populer  Kamera Ponsel Baru: Chip Custom Vivo, Sensor 200 MP Samsung

iPhone 13 Pro menampilkan perubahan kamera yang lebih dramatis. Sensor utama pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max menjadi lebih besar untuk gambar cahaya rendah yang lebih baik. Sedangkan lensa sudut ultrawide memiliki aperture f/1.8 yang lebih lebar. Sedangkan pada lensa telefoto 77mm iPhone 13 Pro kini menawarkan zoom optik 3x, peningkatan dari zoom 2,5x yang ditemukan pada iPhone 12 Pro.

3. Performa dan 5G

Model iPhone 13 semuanya ditenagai oleh prosesor A15 Bionic, prosesor ini meningkat dari chip A14 Bionic yang ditemukan di semua model iPhone 12. Pada model iPhone 13 Pro, smartphone ini memiliki GPU 5-core, dibandingkan dengan prosesor grafis 4-core pada iPhone 13 biasa.

Berita Populer  Apple Ternyata Ingin Buat iPhone Lipat dengan Layar yang Dapat 'Sembuh Sendiri'

iPhone 13 ini akan menjalankan sistem iOS 15 yang sudah dipasang sebelumnya. Meski model iPhone 12 saat ini menjalankan iOS 14, tetapi mereka akan dapat meningkatkan ke iOS 15 saat pembaruan perangkat lunak pada 20 September.

4. Daya tahan baterai dan pengisian daya

Sebelumnya, Apple mengatakan bahwa iPhone 13 mini dan iPhone 13 Pro harus bertahan hingga 1,5 jam lebih lama daripada generasi iPhone 12. IPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max sejalan untuk peningkatan 2,5 jam.

Kecepatan pengisian daya ini tidak berubah dari iPhone 12 di mana menggunakan pengisian nirkabel MagSafe 15Watt dan pengisian kabel 20Watt. Seperti iPhone 12, model iPhone 13 akan dikirimkan tanpa pengisi daya yang disertakan.

WINDA OKTAVIA

Baca juga: Apple Rilis iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, Punya Refresh Rate Tinggi 120Hz

Berita Terbaru