Arti Eid Mubarak, Begini Kalimat Balasan yang Tepat

NKRIKU.COM – Eid Mubarak sering diucapkan saat perayaan Idul Fitri maupun Idul Adha. Bagi umat muslim, kata ini sudah tak asing lagi. Jadi, ini arti Eid Mubarak.

Tak dapat dipungkiri, istilah ‘Eid Mubarak’ kian populer di kalangan kaum muslim sebagai bentuk ucapan selamat menyambut hari besar, seperti perayaan Idul Fitri maupun Idul Adha.

Istilah ini juga banyak menghiasi timeline sosial media, baik itu Instagram, Facebook, Line, maupun story Whatsapp. Hanya saja, masih ada sejumlah umat muslim yang belum tahu arti Eid Mubarak?

Berita Populer  Jokowi dan Ma'ruf Amin Ikut Takbir Virtual Nasional yang Digelar Kemenag

Namun, tidak seluruh umat muslim mengetahui apa arti dari Eid Mubarak ini. Lantas, apa artinya? Simak berikut ini penjelasannya.

Baca Juga:
Tanya Kilat Seputar Islam: Hukum Membayar Zakat Fitrah Secara Online

Arti Istilah Eid Mubarak

Secara bahasa, Eid Mubarak adalah kata serapan dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kosa kata yaitu ‘Aid- Yuaidu’ yang artinya merayakan.

Berita Populer  Lebaran saat Pendemi Corona, Kapolri: Walau Berjauhan Tetap Saling Mendoakan

Sedangkan ‘Mubarak’ diambil dari kata dasar ‘baraka’ yang artinya diberkati, suci keberuntungan, semoga diberkati, semoga berkah, memberi selamat.

Pengertian Eid Mubarak secara etimologis yakni selamat merayakan hari raya yang diberkahi atau selamat hari raya Idul Fitri untukmu.

Jadi, apabila ada orang yang mengucapkan Eid Mubarak kepadamu, maka kamu bisa menjawabnya dengan ucapan ‘Eid saeed lakum ‘aydaan’. Arti “Eid saeed lakum ‘aydaan’ ini adalah Selamat Hari Raya Idul Fitri juga untukmu.

Berita Populer  Sri Mulyani Tak Sempat Liburan, Ini Pekerjaan yang Menanti Setelah Lebaran

Baca Juga:
45 Ucapan Idul Fitri dalam Bahasa Jawa, Unik dan Bermakna

Selain untuk diucapkan secara personal, istilah ini juga kerap digunakan untuk ucapan yang ditulis di parcel, hampers, maupun baliho di pinggir jalan sebagai ucapan untuk memeriahkan hari Idul Fitri.

Berita Terbaru