by

ASYIK! Rejeki Akhir Bulan Dari KUR BRI Hingga Rp100 Juta Tanpa Jaminan, Syarat Modal E-KTP

Pasang

NKRIku.com – Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diberikan pinjaman modal usaha hingga Rp100 juta dalam program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Salah satu penyalur KUR yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias Bank BRI.

Bank BRI menjadi bank terbesar yang menyalurkan KUR kepada UMKM dengan anggaran Rp260 triliun pada tahun 2022 ini.

Syarat yang diperlukan yaitu KTP, KK, Surat Keterangan Usaha (SKU) dan dokumen lainnya sesuai ketentuan Bank BRI.

UMKM bisa meningkatkan kapasitas usahanya dengan pinjaman modal dari KUR BRI tanpa perlu menyiapkan jaminan yang besar.

Tapi sebelumnya, pelajari terlebih dahulu pengertian KUR dan manfaatnya.

Bank BRI memberikan pinjaman modal usaha kepada para pelaku UMKM hingga Rp100 juta tanpa perlu tambahan jaminan.

Melansir kur.ekon.go.id, program KUR memperkuat dan meningkatkan kapasitas UMKM dalam permodalan usaha.

Kur merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan.

Program KUR dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Pembiayaan yang disalurkan KUR bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan yang merupakan Penyalur KUR.

Dana yang disediakan berupa dana keperluan modal kerja serta investasi yang disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible namun belum bankable.

Berikut persyaratan pengajuan KUR Mikro BRI melalui platform kur.bri.co.id:

  1. Individu (perorangan)
  2. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan
  3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab).
  4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.
  5. Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing).

Jika berminat, begini cara mengajukan KUR Mikro di Bank BRI, hanya perlu siapkan handphone:

  1. Kunjungi website kur.bri.co.id
  2. Pilih “Ajukan Pinjaman”
  3. Lalu, pilih “login” menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi apabila sudah memiliki akun. Jika belum memiliki akun, calon nasabah bisa memilih “Daftar”
  4. Calon nasabah diharapkan terlebih dahulu membaca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik “Setuju”
  5. Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online seperti tentang profil calon nasabah, profil usaha, unggah dokumen, dan data pengajuan.

Melansir ANTARA NEWS, Deputi Bidang Usaha Mikro Kecil Kemenkop dan UKM Eddy Satriya mengatakan, selama ini, program KUR digulirkan pemerintah sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku UMKMagar naik kelas sehingga pemulihan ekonomi dapat lebih terakselerasi.

Pada tahun 2022, katanya, pemerintah memberikan dukungan akses pembiayaan untuk UMKM melalui program KUR dengan target sebesar Rp373,17 triliun.

“Dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional, pemerintah bahkan memberikan relaksasi dan stimulus tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen sampai dengan 31 Desember 2022, ,” ucap dia.

Per 6 Juni 2022, paparnya, realisasi penyaluran KUR 2022 sebesar Rp148,12 triliun kepada 189.034 debitur.

Jumlah itu disalurkan kepada 3,19 juta debitur dengan rincian KUR Super Mikro sebesar Rp2,57 triliun kepada 292.940 debitur, KUR Mikro sebesar Rp99,74 triliun kepada 2,70 juta debitur, KUR Kecil/ khusus Rp45,79 triliun kepada 189.034 debitur, dan KUR Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Rp13,02 miliar kepada 530 debitur.***

Artikel ini telah tayang di bagikanberita.pikiran-rakyat.com dengan judul Bantuan Modal Usaha untuk UMKM, Pinjaman KUR BRI hingga Rp100 Juta Tanpa Jaminan, Siapkan Syarat E-KTP