by

ASYIK! Segera Daftar DTKS Kemensos Online Lewat HP, Ada BPNT dan PKH Masih Cair Agustus 2022

Pasang

NKRIku.com – Penyaluran sejumlah bansos dari Kemensos seperti BPNT dan PKH pada Agustus 2022 masih terus berjalan.

BPNT dan PKH yang sedang disalurkan pada Agustus 2022 ini hanya diberikan kepada masyarakat yang sudah tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Masyarakat yang ingin mendapat manfaat dari BPNT dan PKH Agustus 2022 bisa segera daftar ke DTKS Kemensos cukup menggunakan HP.

Pasalnya, DTKS Kemensos masih menjadi acuan pemerintah dalam menyalurkan sejumlah bansos seperti BPNT dan PKH, termasuk yang sedang disalurkan pada Agustus 2022.

Namun sebelum daftar DTKS Kemensos 2022 online lewat HP agar berkesempatan dapat BPNT dan PKH Agustus 2022, ada sejumlah syarat yang wajib dipenuhi.

Adapun syarat tersebut di antaranya yakni merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI yang masuk dalam golongan masyarakat miskin atau rentan miskin.

Syarat lain, calon penerima kedua bansos dari Kemensos ini tergolong pihak yang terkena imbas Covid-19 hingga kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Kemudian syarat yang terakhir, pendaftar DTKS Kemensos 2022 juga bukan termasuk anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, pegawai BUMN/BUMD, dan perangkat desa.

Jika dirasa sudah memenuhi syarat tersebut, masyarakat bisa segera daftar DTKS Kemensos 2022 online lewat HP agar bisa dapat BPNT dan PKH Agustus 2022.

Cara Daftar DTKS Kemensos Online

Pertama saat akan daftar DTKS Kemensos 2022 online adalah siapkan KTP terlebih dahulu. Lalu ambil HP dan unduh Aplikasi Cek Bansos Kemensos di Play Store atau App Store.

Jika Aplikasi Cek Bansos sudah terunduh, segera login dan klik “Buat Akun Baru” untuk registrasi.

Berikutnya, segera input data diri sesuai kolom yang diminta. Kemudian, unggah dua foto yang menunjukkan KTP dan satu foto Anda memegang KTP.

Saat pengisian data diri, pastikan data yang diisi sudah benar. Selanjutnya, klik “Buat Akun Baru”

Jika registrasi akun telah berhasil, selanjutnya pilih menu “Daftar Usulan”, lalu masukkan kembali data diri pada kolom yang tersedia.

Jika proses tersebut sudah selesai, segera pilih jenis bansos yang ingin didapatkan, misalnya PKH atau BPNT.

Data yang telah dimasukkan bakal diproses lebih lanjut untuk diverifikasi dan validasi terlebih dahulu oleh Kemensos.

Sekadar informasi tambahan, DTKS Kemensos ini merupakan basis data yang memuat 40 persen penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial rendah, termasuk masyarakat penerima BPNT dan PKH.

Sehingga, masyarakat yang sudah daftar ke DTKS Kemensos berkesempatan dapat sejumlah bansos seperti BPNT dan PKH yang pada Agustus 2022 ini sedang disalurkan.

Namun satu hal yang perlu diketahui, bahwa meskipun masyarakat sudah daftar DTKS Kemensos 2022, tidak secara otomatis bakal dapat bansos BPNT atau PKH.

Pasalnya, pemerintah bersama Kemensos telah menentukan bahwa setiap bansos, termasuk BPNT dan PKH memiliki mekanisme dan syarat masing-masing sesuai dengan variabel yang dibutuhkan dalam DTKS Kemensos.

Selain itu, kebijakan Kemensos menerima masyarakat sebagai penerima BPNT dan PKH juga tergantung pada kuota yang sudah ditentukan.

Namun jika memang ditetapkan sebagai penerima BPNT dan PKH, maka masyarakat bisa mendapat manfaat dari kedua bansos yang pada Agustus 202w ini sedang disalurkan Kemensos.

Dari BPNT yang Agustus 2022 ini sedang disalurkan Kemensos masyarakat bakal mendapat bansos rutin per bulan dengan nominal Rp200.000 untuk setiap KPM.

Sedangkan dari PKH yang juga sedang cair, masyarakat bisa memperoleh uang tunai dengan nominal berbeda-beda sesuai kategorinya masing-masing.

Kemudian untuk mengetahui status apakah lolos sebagai penerima BPNT dan PKH Agustus 2022 atau tidak, bisa dicek melalui tiga cara, yakni:

  1. Situs cekbansos.kemensos.go.id
  2. Aplikasi Cek Bansos
  3. Menanyakan ke Dinas Sosial terkait status dalam DTKS atau bansos.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul Segera Daftar DTKS Kemensos Online Lewat HP, Ada BPNT dan PKH Masih Cair Agustus 2022