Atasi Penurunan Konsumen Akibat COVID-19, Gojek Harus Rela Begini!

NKRIKU Gojek sebagai salah satu pemain dalam layanan ride hailing terbesar di Indonesia mengakui adanya penurunan konsumen selama masa pandemi COVID-19. Tak dapat dipungkiri hadirnya pandemi COVID-19 di Indonesia memang mau tak mau memporak-porandakan seluruh gerak perekonomian di berbagai sektor baik dari sektor keuangan, riil, maupun transportasi.

Co-Founder dan Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi menyatakan bahwasanya dengan hadirnya pandemi COVID-19 membuat bisnis transportasi online perusahaan terpukul, karena adanya pembatasan mobilitas.

“Perilaku konsumen, masyarakat jauh berubah. Data dari Pemprov DKI, kalau kita lihat dari bisnis kita paling relevan dan terpukul itu transportasi,” ujarnya pada saat virtual konferensi pers bersama media di Jakarta, Kamis (14/1/2021).

baca juga:

Menurutnya, untuk mengurangi transmisi penyebaran COVID-19, masyarakat diimbau untuk mengurangi perjalanan ke luar rumah.

“Itu tepat, namun kan bisnis kami kental transportasinya. Dan itu menurun 23,5 persen secara nasional di sektor transportasi. Adanya penurunan pendapatan mitra membuat kami lakukan terobosan,” kata Kevin.

Maka dengan itu, pihak Gojek selama bulan Maret hingga Juni 2020 kemarin sebetulnya sudah meluncurkan 47 inisiatif baru untuk ekosistem dan masyarakat. 

Diantaranya adalah, lanjut Kevin, Contactless delivery melalui inovasi ini pihaknya ingin memberikan layanan tanpa kontak untuk pengantaran makanan. Hal itu sejalan dengan langkah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, yakni dengan tujuan mengurangi kontak langsung antara individu-individu saat melakukan pengantaran. 

“Jadi kita ada layanan kontak less delivery dimana secara otomatis mitra driver kami bisa diminta menitipkan atau menaruh paket atau makanan. Misalnya di depan gerbang rumah atau apartement agar kontak antara driver dan konsumen bisa dikurangi,” ucapnya.

Kemudian yang kedua adalah posko keamanan, adapun sejauh ini Gojek sudah memiliki sebanyak 200 posko keamanan di seluruh pelosok Indonesia. 

Berita Terbaru