Aturan Lengkap Larangan Mudik Lebaran 6-17 Mei 2021, Pengecualian hingga Sanksi

NKRIKUJakarta – Kementerian Perhubungan resmi menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Sesuai dengan ketentuan tersebut, larangan mudik mulai berlaku pada 6 hingga 17 Mei 2021.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengatakan beleid yang baru akan mengatur berbagai hal tentang jenis perjalanan yang dilarang, pengawasan, pengecualian, hingga sanksi-sanksi. “Pengaturan juga termasuk ketentuan mengenai wilayah aglomerasi,” kata Adita dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis, 8 April 2021.

Berita Populer  Pemkot Sebut 4 Alasan Bogor Jadi Kota Langganan Macet

Berdasarkan paparan seluruh direktur jenderal, berikut ini ketentuan lengkap perjalanan mudik di sektor angkutan laut, darat, udara, dan perkeretaapian.

1. Angkutan Darat:

Angkutan yang dilarang:

– kendaraan bermotor umum dengan jenis mobil bus dan mobil penumpang,

Berita Populer  Batik Air Luncurkan Aplikasi Hiburan di Pesawat, Namanya Tripper

– kendaraan bermotor perseorangan dengan jenis mobil penumpang, mobil bus, dan sepeda motor, kapal angkutan sungai, danau, dan penyeberangan

Pengecualian untuk masyarakat yang memiliki kepentingan tertentu:

– masyarakat yang bekerja atau perjalanan dinas (ASN, pegawai BUMN/BUMD. Polri TNI, pegawai swasta yang dilengkapi dengan surat tugas dengan tanda tangan basah dan cap basah) dari pimpinannya,

Berita Populer  Terminal Bandara Jenderal Besar Soedirman Akan Dibangun, Berapa Kapasitasnya?

– kunjungan keluarga sakit,

– kunjungan duka anggota keluarga meninggal

– ibu hamil dengan satu orang pendamping

– kepentingan melahirkan (maksimal dua orang pendamping)

– pelayanan kesehatan darurat.

Berita Terbaru