Awas!!! Ini 6 Golongan yang Dipastikan Tidak Bakal Mendapat Bantuan UMKM

penerima bantuan sedang melakukan verifikasi data diri

NKRIKU- Beberapa hal yang harus anda perhatikan tentang Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM.

Diantaranya, pendaftaran pengajuan bantuan rencananya akan ditutup pada akhir bulan ini, kemudian perhatikan kriteria golongan yang dipastikan tidak akan mendapatkan bantuan ini.

Kemenkop UKM menegaskan dan memastikan bahwa pelaku UMKM akan gagal jika mendaftar bantuan ini dikarenakan tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

Berita Populer  Banpres Rp2,4 Juta Siap Dicairkan, Ingat! Jangan Sampai Hangus Karena Hal Sepele Ini

Ada 6 golongan yang tidak berhak mendapatkan BPUM ini. Keenam gologan tersebut adalah ASN, anggota TNI, POLRI, pegawai BUMN/BUMD, dan pelaku UMKM yang sedang menerima kredit atau pembiayaan dari bank (KUR).

Sebagai informasi, bantuan ini hanya diberikan kepada pelaku UMKM yang belum pernah mendapatkan atau menerima bantuan peminjaman atau sejenisnya dari pihak perbankan (unbankable).

Sedangkan pelaku UMKM yang lokasi usahanya berbeda dengan alamat domisili di KTP masih berhak dapat bantuan ini dengan cara mendaftar dan melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Berita Populer  Trending Bisnis: Restrukturisasi Kredit Diperpanjang, Merger Bank Syariah BUMN

Pelaku UMKM yang ingin daftar bantuan ini bisa menyiapkan beberapa data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat tempat tinggal sesuai KTP, bidang usaha, dan nomor telepon sebelum mendaftar.

Kemudian pendaftaran bisa dilakukan secera offline atau datang langsung ke beberapa lembaga pengusul berikut:

1. Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM

2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum

Berita Populer  Terungkap! Jasa Keuangan Manfaatkan Bantuan UMKM RP 2,4 Juta untuk Pinjaman

3. Kementerian/Lembaga

4. Perbankan dan perusahaan pembayaran yang terdaftar di OJK.

Setelah mendaftar, pelaku UMKM akan diverifikasi kelayakannya untuk mendapat bantuan ini. Jika berhak dan memenuhi syarat, pelaku UMKM akan mendapatkan SMS notifikasi dari bank penyalur.

Untuk cek penerima dapat dilakukan melalui website eform.bri.co.id/BPUM.

Pendaftaran masih bisa dilakukan hingga kuota terpenuhi sampai akhir November 2020 dengan kuota yang semula 9 juta kini ditambah 3 juta penerima.

Berita Terbaru