Aziz Yanuar Gusar Kerumunan Raffi Ahmad Cs Tak Diproses seperti Habib Rizieq


NKRIKU – Kuasa Hukum Pimpinan FPI Rizieq Shihab, Aziz Yanuar, mengatakan pihaknya tak heran dengan sikap aparat keamanan seperti polisi dan Satpol PP, yang tidak langsung memproses hukum kerumunan di rumah Sean Gelael di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, yang dihadiri sejumlah selebritas termasuk Raffi Ahmad pada Rabu malam lalu.

Kerumunan berupa pesta ulang tahun Sean Gelael itu dihadiri oleh Raffi Ahmad hingga Basuki Tjahja Purnama atau Ahok.

“Kami sudah menduga (tak langsung diproses), karena memang HRS (Habib Rizieq Shihab) diduga menjadi target politik. Welcome to Indonesia,” ujar Aziz saat dihubungi Tempo Sabtu, 16 Januari 2021.

Sementara itu, Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin menjelaskan kerumunan yang terjadi di rumah Sean Gelael yang berada di Jalan Prapanca Dalam VI, Jakarta Selatan berbeda dengan kerumunan yang terjadi di kediaman Rizieq Shihab di Jalan K.S. Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat.

Perbedaan itu, yang menurut Arif, membuat Satpol PP tak bisa memberikan denda administratif sebesar Rp 50 juta kepada pelanggaran protokol kesehatan di pesta Sean.

“Jika dilihat jumlah orangnya di sana (rumah Sean) gak banyak, sedangkan rumah itu besar. Kalau yang di sana (Petamburan) itu puluhan ribu orang yang hadir,” ujar Arif.

Baca juga: Raffi Ahmad Bakal Jalani Sidang Perdana Pada 27 Januari 2021

Ia mengatakan analisa jumlah tamu yang hadir dalam pesta Sean itu berdasarkan foto dan video yang tersebar di media sosial.

Menurut pengamatannya, walaupun pesta itu secara jelas memperlihatkan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan, pihaknya memastikan pasal yang akan dikenakan kepada Sean akan berbeda dengan yang diterapkan kepada Rizieq Shihab.

“Kasusnya sekarang juga sedang ditangani polisi. Kami menunggu hasil penyelidikan mereka,” kata Arif.

Pesta mewah yang diadakan Sean terjadi pada Rabu malam, 13 Januari 2021. Pesat itu dihadiri oleh sejumlah publik figur, seperti Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Gading Marten, Anya Geraldine, Uus, Sean Gelael, hingga Ahok.

Dalam video yang tersebar, mereka berkerumun dengan tamu undangan lain dan tak menerapkan protokol kesehatan, seperti tak menjaga jarak hingga tidak memakai masker. Hal itu sontak mendapat banyak kritik dari masyarakat, sebab pesta digelar saat Jakarta sedang menerapkan PSBB ketat karena kasus Covid-19 yang sedang meroket.

Hal lain yang membuat masyarakat geram, Raffi Ahmad juga baru terpilih menjadi penerima vaksin Covid-19 di Istana Merdeka bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Raffi Ahmad menerima vaksin gelombang pertama itu sebagai perwakilan dari golongan anak muda. Melalui sebuah video yang ia unggah di akun Instagram pribadinya, @raffinagita1717, suami Nagita Slavina itu meminta maaf dan mengakui kesalahannya. “Saya minta maaf kepada Jokowi, seluruh staf di Kementerian Sekretariat, dan seluruh masyarakat.” []

Berita Terbaru