Bakal Luncurkan Smartphone 5G, Produk Pertama BlackBerry Bermula dari Pager

NKRIKU, Jakarta –  OnwardMobility sebagai pemilik baru BlackBerry mengabarkan bahwa akan merilis ponsel pintar dengan jaringan 5G pada 2021 ini. Mundur lima tahun ke belakang, BlackBerry mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memproduksi ponsel sendiri. Lisensinya pun diberikan kepada TCL Corporation.  

Mulanya, hadir BlackBerry 850 pada Januari 1999 sebagai versi awal dari merek ini. Konsepnya menggabungkan fungsi paging pada pager dengan email. Perangkat ini disebut juga sebagai BlackBerry Handled. Ketika itu perangkat ini masih bernama Research In Motion (RIM). Lalu bagaimana bentuk dari generasi pertama BlackBerry tersebut?

Berita Populer  Huawei Nova 8 SE Dirilis: 4 Kamera, 2 Varian dengan Chip Berbeda

Bentuknya berupa pager nirkabel untuk telekomunikasi dua arah dengan layar hitam-putih. BlackBerry 850 bak menjadi angin segar, sebab yang ada kala itu hanya pager untuk berkomunikasi satu arah. Teknologi untuk saling berbalas pesan belum tersedia.

Pager BlackBerry memungkinkan pengguna profesional untuk mengirim dan menerima email. Keunggulan inilah yang mendorong sampai penjualannya melonjak, terutama dalam perusahaan besar agar tetap terkoneksi dengan rekanannya. Baru tiga bulan usai peluncurannya, saham RIM naik 50 persen. Mulanya sekitar $22, kemudian mendaki sampai angka $33,50.

Berita Populer  Aplikasi Percakapan Hi App Resmi Meluncur, Simak Fitur Uniknya

Terdapat susunan 30 tombol keyboard QWERTY fisik di sisi bawah layar. Ada pula dua tombol lagi di sisi kanan. Susunan tombol inilah yang mendorong pergantian nama menjadi BlackBerry, sebab menyerupai buah blackberry. Selain email, perangkat ini dilengkapi dengan fitur kalender nirkabel, internet nirkabel, akses data perusahaan, pesan suara, paging, dan alfanumerik. Namun, fokusnya lebih kepada layanan email.

Berita Populer  Samsung Beberkan Fitur-Fitur Utama yang Hadir di One UI 3.0 Berbasis Android 11!

Pager berwarna hitam ini memiliki ukuran 2,5 x 3,5 x 0,93 inch. Bobotnya tidak terlalu berat, hanya sekitar 133 gram. Layar LCD-nya melintang dengan resolusi sebesar 132×65 piksel. Baterai yang digunakan BlackBerry ini ialah satu baterai berukuran AA. Dayanya dapat bertahan sampai satu minggu, bergantung pada penggunaan email. Dilengkapi pula dengan penyimpanan yang mampu menampung hingga 4 MB data.

ANNISA FEBIOLA

Baca juga: Xiaomi Rilis Global Redmi 9T dan Note 9T 5G, Simak Beda Keduanya  

Berita Terbaru