Baleg Bentuk Panja, RUU Larangan Minol Diusulkan Ganti Nama

NKRIKU.COM – Badan Legislasi DPR membentuk panitia kerja untuk membahas Rancangan Undang-Undang tentang Larangan Minuman Beralkohol atau Minol. Pembentukan panja disepakati usai Baleg menggelar rapat dengan menghadirkan tim ahli terkait.

Wakil Ketua Baleg Achmad Baidowi sebelumnya juga menanyakan persetujuan anggota untuk pembentukan Baleg.

“Kita putuskan bentuk Panja RUU Larangan Minol, setuju?” tanya Baidowi yang dijawab setuju anggota dalam rapat, Senin (5/4/2021).

Berita Populer  Kemenperin Sebut Belum Ada Investor Minuman Beralkohol Minat Tanam Modal di RI

Selanjutnya, Baidowi meminta agar masing-masing fraksi mengirimkan nama anggotanya untuk masuk dalam struktur panja.

Baca Juga:
Salah Satu Tujuan Jakarta Jual Saham Bir untuk Lindungi Kesehatan Warga

Usai dibentuk, ke depan panja akan memanggil pihak-pihak terkait dari berbagai kalangan untuk diminta masukan terkait RUU Larangan Minol.

Sementara itu, Anggota Baleg Santoso menyarankan agar penamaan RUU Larangan Minol diganti menjadi RUU Pengaturan Minol. Pasalnya, ada stigma muncul di masyarakat bahwa RUU yang hendak dibahas itu melarang masyarakat mengkonsumsi minuman alkohol.

Berita Populer  Peminum Minuman Beralkohol Bisa Dipenjara Hingga 2 Tahun atau Denda Rp 50 Juta

Padahal, kata Santoso, RUU tersebut berisi pengaturan tentang minuman beralkohol, bukan pelarangan.

“Menurut saya sangat penting juga pihak Baleg untuk selalu mendung-dengungkan bahwa RUU ini bukan lagi RUU Larangan Minuman Beralkohol. Jadi kalau larangan kan yang sekarang yang berkembang di masyarakat begitu, berarti tidak boleh minum, tapi yang jelas pengaturan tentang minuman beralkohol,” kata Santoso.

Berita Populer  Investasi Miras Seumur Jagung Bukti Inkonsistensi Kebijakan

“Ini juga harus didengung-dengungkan, kenapa? Agar masyarakat awam mengetahui bahwa RUU ini mengatur mana yang boleh, mana yang tidak. Bukan melakukan pelarangan terhadap minuman beralkohol,” sambungnya.

Baca Juga:
Tak Selalu Mabuk, Ini Dampak Minuman Beralkohol Bagi Tubuh

Berita Terbaru