Banyak WNI Lakukan Aksi Simpatik untuk Ahok di Eropa

WNI Lakukan Aksi Simpatik untuk Ahok di Eropa
bergabung di nkriku.com

London (NKRIKU.COM) – WNI atau Warga negara Indonesia yang berada di Eropa seperti Belanda, Inggris telah menggelar aksi simpatik untuk bapak Basuki Tjahja Purnama Alias Ahok dengan cara menyalakan lilin, memakai busana merah putih dan hitam, dan menyanyikan lagu Indonesia.


Dukung kami dengan ngelike fanspage Add Friend

Aksi yang digelar pada objek wisata di kota London, Komedi Putar Raksasa London Eye yang berada di dekat jam gadang “big ban” telah diprakarsai Diaspora Indonesia yang ada di London Cathy Lelengboto bersama dengan para rekan yang tergabung dalam komunitas Bara JP London dan diikuti oleh warga asing.

Sementara itu aktivits Lenah Susianty, seorang mantan wartawan BBC Indonesia telah menyampaikan sebagian masyarakat Indonesia yang bermukim di Britania Raya (UK) dan Irlandia Sabtu Malam berkumpul di area London Eye, london, untuk menyatakan dan memberikan dukungan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila.

Menurut Lenah Susianty, mereka sangat menyesalkan ketika Ahok dijatuhi hukuman penjara kepada Gubernur DKi Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan memakai pasal 156a.

“Kami melihat adanya keganjilan dengan digunakannya pasal penistaan agama ini oleh hakim padahal jaksa penuntut pun tak menuntut pasal ini” Ujar Lenah.

“Kami ingin menyatakan untuk solidaritas kami kepada bapak Ahok dan kami mempercayai bahwa bapak Ahok tak bersalah” Ujar Lenah dalam keterangannya, Minggu.

Sementara itu malam solidaritas untuk Indonesia yang digelar di belanda pada beberapa kota. “sama seperti di Indonesia, masyarakat Indonesia yang ada di Belanda juga ikut menggelar kegiatan bakar lilin untuk menunjukkan keprihatinan mengenai situasi tanah air” Ujar Bari Muchtar dikutip beritabelanda.com.

Acara yang juga disebut 1000 lilin untuk Indonesia itu dilaksanakan hari sabtu pukul 20.00 di Damrak, Amsterdam. Acara yang sama juga ikut digelar di Den Haag dan Groningen.

Namun yang sudah pasti akan dilaksanakan di Utrecht. “Kami yang jengah dan prihatin tentang situasi politik dan sistem peradilan di Indonesia ingin menunjukkan dukungan kepada saudara-saudara kita di Indonesia dengan melakukan aksi spontan: Menolak Bungkam” Demikian kata Rina Sitorus dalam selebarannya.

Acara aksi tersebut diisi dengan nyanyi bersama, bakar lilin, membaca puisi dan lain-lain. Sedangkan acara yang ada di Utrecht dilaksanakan pada hari minggu di Stadshuisbrug Plein, Stadhuisbrug, Utrecht.

Aksi yaang digelar sebagai bentuk simpati kepada Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, dan juga digelar pada beberapa kota yang ada di Eropa serta di Helsinki (Finlandia), Frankfurt dan Bonn di Jerman, Paris dan Swiss yang diprakarsai Wulan Chaniago.

bergabung di nkriku.com bergabung di nkriku.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here