'Batu' 250 Gram Ditemukan di Perut Bocah 5 Tahun di China Usai Makan Kesemek

NKRIKU, Sepotong ‘batu’ berhasil dikeluarkan dari perut seorang anak laki-laki berusia 5 tahun di Quanzhou, Provinsi Fujian, China baru-baru ini. Diketahui, ia dirawat di rumah sakit setempat setelah makan terlalu banyak buah kesemek setengah bulan sebelumnya.

Seperti diberitakan Global Times pada Kamis (12/11), anak laki-laki bermarga Wen itu makan empat buah kesemek sekaligus dua minggu lalu dan kemudian menderita sakit perut berulang kali.

Ketika dia diperiksa melalui USG di rumah sakit, dokter menemukan sebuah ‘batu’ dengan panjang 7 sentimeter dan lebar 3 sentimeter di dalam perutnya. Sedangkan beratnya sekitar 250 gram.

baca juga:

Ternyata kesemek yang dia makan berubah menjadi bola hampir sekeras kayu. Menurut dokter yang merawatnya, hal itu terbentuk dari asam di dalam buah yang bertemu dengan protein dan serat di perutnya.

Para dokter akhirnya memecahkan ‘batu’ itu menjadi potongan-potongan kecil dan mengeluarkannya melalui operasi selama sembilan jam. Anak laki-laki itu kini telah pulih sepenuhnya dan keluar dari rumah sakit.

Para ahli memperingatkan bahwa kesemek tidak boleh dimakan berlebihan atau dengan perut kosong. Kesemek mentah juga harus dihindari untuk mencegah kejadian seperti itu terjadi.[]

Editor: Anugrah Harist Rachmadi

Berita Terbaru