oleh

Bawaslu Gowa Adakan Rakor Partisipatif Melibatkan Semua Elemen

Makassar, Nkriku– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gowa, mengadakan Rapat Kordinasi (Rakor) Pengawasan Pemilu Partisipatif untuk menghadapi Pemilihan Legislatif maupun pemilihan Presiden, yang akan berlangsung bulan depan.

Dalam kegiatan ini dibuka Juanto, S.S., Kordinator Divisi (Kadiv), Pengawasan Hubungan antar Lembaga (PHL), untuk memberikan gambaran pentingnya peran masyarakat dalam pengawasan pemilu.

Loading...

” Kegiatan Pemilu yang akan berlangsung adalah Demokrasi yang di Indonesia, sehingga diharap partisipasi semoga golongan untuk sama-sama mengawal pemilu,” salut Juanto, Sabtu (16/3).

Rapat Kordinasi (Rakor) Pemilu Partisipatif yang diselenggarakan di hotel Artahama Hotels.

Bahkan Kadiv PKL ini pun mengharap bahwa sesuai dengan aturan, undang-undang, semua orang berperang langsung untuk melakukan pengawasan Pemilu.

“Sesuai dengan UU No 7 tahun 2017, dalam pertisipasi Pemilu, sehingga diharap peran semua golongan untuk sama sama mengawas pemulihan umum,” cetusnya.

Pria yang juga menjabat Humas Bawaslu, ini pun menyampaikan, bahwa rawannya konflik dalam pemilu menjadi perhatian Bawaslu.

” Indeks kerawanan pemilu itu ada beberapa aspek, diantaranya Sumber Daya Manusia (SDM), Pemilu yang kurang memahami konteks Pemilu, sehingga dapat terjadi kesalah pahaman, hingga diharap SDM harus diperbaiki agar sama sama memahami,” tuturnya.

Bahkan Juanto pun mengingatkan bahwa yang paling berbahaya adalah penyebaran berita bohong (Hoax).

” Yang paling penting adalah penyebaran berita Hoax, yang marak terjadi di Indonesia sehingga dapat menimbulkan kegaduhan di beberapa lini hingga dapat mengakibatkan konflik,” tutupnya dihadapan peserta Rakor.

Dalam kegiatan ini dihadiri Perwakilan Partai Politik (Parpol), Pengawas se-Kecamatan (Panwascam), Lembaya Syadaya Masyarakat (LSM), dan Media, di Hotel Artahama hotel Losari, Jl Haji Bau no.5 Makassar.(ah/wd)

Loading...

Baca Juga: