BEI Pastikan Jam Perdagangan Bursa Tak Berubah, Masih Sesuai Kondisi Pandemi

NKRIKU.COM – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menegaskan waktu perdagangan di pasar modal masih sesuai dengan kondisi pandemi virus corona atau Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir.

Pernyataan ini dikeluarkan menyusul banyaknya kabar soal rencana perubahan waktu perdagangan bursa.

“Sehubungan dengan banyaknya pemberitaan di media massa terkait rencana perubahan waktu perdagangan bursa, dengan ini diinformasikan bahwa waktu perdagangan Efek Bersifat Ekuitas yang berlaku saat ini sampai dengan batas waktu yang akan ditetapkan kemudian adalah waktu perdagangan selama kondisi pandemi,” kata keterangan tertulis BEI, Minggu (6/6/2021).

Berita Populer  IHSG Menguat 0,79 Persen, Saham United Tractors dan BRI Diborong Asing

BEI akan memberikan informasi lebih lanjut, bila terdapat perubahan waktu perdagangan di kemudian hari. Informasi akan disampaikan melalui surat keputusan direksi bursa.

Baca Juga:
Melantai di BEI, PT Harapan Duta Pertiwi Patok Saham Mulai Rp118 per Lembar

Selain itu, BEI juga menjelaskan mengenai implementasi fitur baru pada Jakarta Automated Trading System alias JATS. Fitur-fitur tersebut direncanakan diimplementasikan pada akhir Agustus 2021.

Berita Populer  IHSG Mendarat ke Zona Hijau di Level 4.706

Merujuk kepada Surat Keputusan Direksi BEI Nomor Kep-00108/BEI/12-2020, dijelaskan mengenai akan adanya implementasi perubahan mekanisme sesi Pra-penutupan, tampilan informasi Indicative Equilibrium Price (IEP) dan Indicative Equilibrium Volume (IEV) pada sesi Pra-pembukaan dan sesi Pra-penutupan, penambahan jenis pesanan pasar (market order), serta perpanjangan waktu perdagangan di Pasar Negosiasi selama 15 menit.

Implementasi perubahan mekanisme sesi Pra-penutupan dan perpanjangan Pasar Negosiasi akan berdampak pada waktu perdagangan Bursa.

Perubahan itu antara lain pada sesi pra-pembukaan pasar reguler yang mulanya pukul 08.45 WIB sampai dengan 08.55 WIB, menjadi 08.45 WIB sampai dengan 08.59 WIB. Selain itu sesi pasca penutupan yang mulanya pukul 15.05 WIB sampai dengan 15.15 WIB, menjadi 15.01 WIB sampai dengan 15.15 WIB.

Berita Populer  OJK Luncurkan Cetak Biru Pengembangan SDM Jasa Keuangan

Sementara pada pasar tunai, sesi II yang mulanya mulai pukul 13.30 WIB sampai dengan 15.15 WIB, menjadi pukul 13.30 WIB sampai dengan 15.30 WIB.

Baca Juga:
Harapan Duta Pertiwi Siap Melantai di BEI dengan Kode Saham HOPE

Berita Terbaru