Bendung Katulampa Siaga III, Pemprov DKI Keluarkan Peringatan Banjir

NKRIKU.COM – Hujan deras mengguyur kawasan Jabodetabek pada Kamis (18/2) hingga Jumat (19/2) pagi. Bendung Katulampa, Bogor pun juga mengalami kenaikan tinggi muka air (TMA).

Berdasarkan informasi dari akun twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Bendung Katulampa berstatus siaga III hingga pukul 11.30 WIB. TMA di lokasi mencapai 100 sentimeter.

Selain itu dilaporkan juga cuaca masih mendung di bendung Katulampa. Karena itu BPBD DKI mengeluarkan peringatan dini waspada banjir atau disaster early warning system (DEWS).

Berita Populer  Jakarta Banjir, Ferdinand: Anies yang Tak Bekerja, Jokowi yang Disalahkan

DEWS ini dibagikan ke sejumlah pengeras suara yang terpasang di berbagai daerah. Petugas dari kantor BPBD mengumumkan bahaya banjir.

Baca Juga:
Korban Banjir Jakarta Mengungsi ke Musala, Pasrah Tak Bisa Jaga Jarak

“Diimbau kepada warga yang tinggal di bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir,” ujar Petugas yang memberikan pengumuman dan videonya dibagikan lewat akun Twitter BPBDJakarta, Jumat (19/2/2021).

Selain itu, Pintu Air Sunter Hulu sudah mengalami kenaikan tinggi muka air (TMA) ke 195 sentimeter sejak Jumat pukul 05.00 WIB. Setelah itu TMA terus meningkat dalam waktu satu jam ke 230 sentimeter hingga berstatus siaga II.

Berita Populer  Pintu Air Sunter Hulu Siaga 1, Ini 21 Daerah di Jakarta Berpotensi Banjir

Tak berselang lama sekitar pukul 08.00 WIB Pintu Air Sunter Hulu mencapai daya tampung maksimal. TMA mencapai 260 sentimeter dan berstatus siaga I.

Berdasarkan informasi ini, 21 wilayah di Jakarta diperkirakan akan terkena banjir. Berikut wilayahnya:

Bambu ApusCilangkapPondok RanggonSetuLubang BuayaPondok BambuPondok KelapaCipinangCipinang MelayuCipinang MuaraDuren SawitJatinegaraKayu PutihPulo GadungSumur BatuKelapa Gading BaratKelapa Gading  TimurKebon BawangRawa Badak SelatanRawa Badak UtaraSungai Bambu.

Berita Populer  Jakarta Banjir, Ini Tiga Lokasi yang Ditutup Polisi

Tak hanya itu, setidaknya ada tujuh pintu air lainnya yang berstatus siaga III sekarang ini. Di antaranya adalah:

Baca Juga:
Mengungsi di Musala, Warga Korban Banjir Berjubel Tanpa Jarak saat Pandemi

Pesanggrahan TMA 180 sentimeterAngke Hulu TMA 200 sentimeterManggarai TMA 760 sentimeterKaret TMA 510 sentimeterWaduk Pluit TMA -167/183 sentimeterMarina TMA 184/183 sentimeterCipinang Hulu TMA 165 sentimeter

Berita Terbaru