Berikut Ini 3 Mitos Tentang Penambahan Tinggi Badan yang Tidak Perlu Dipercayai

NKRIKU.COM – Orangtua pasti ingin melihat anaknya tumbuh sehat dan memiliki tinggi badan yang normal. Tapi tinggi badan ditentukan oleh hormon pertumbuhan dan pelat pertumbuhan atau pelat epifisis di tulang yang biasanya tidak terstimulasi setelah usia 18-19 tahun.

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa olahraga, nutrisi dan tidur memainkan peran penting dalam merangsang hormon pertumbuhan.

Tapi banyak orang yang berasumsi banyak faktor untuk mempengaruhi hal tersebut, sehingga muncul banyak kesalahpahaman tentang menambah tinggi badan.

Berita Populer  Fakta! Panjang Pembuluh Darah Manusia Dua Kali Keliling Bumi

Namun sayangnya kebanyakan tidak didukung ilmiah dan lebih kepada mitos.

Dilansir dari News 18, berikut ini mitos tentang penambahan tinggi badan yang tidak perlu kamu percayai:

Mitos: Tinggi badan tidak mungkin bertambah setelah mencapai masa pubertas.

Fakta: Faktanya pubertas tidak menjadi tolak ukur terhadap tinggi badan, karena pertumbuhan tinggi badan bergantung pada hormon. Selama tubuh memproduksinya dalam jumlah yang cukup, sampai usia 18-19 tahun, kamu dapat terus bertambah tinggi.

Berita Populer  Makhluk Mitologi Vetala, Rasuki Mayat dan Menghidupkannya Kembali

Mitos: Minum banyak susu untuk tumbuh lebih tinggi.

Fakta: Minum susu tidak satu-satunya cara untuk tumbuh tinggi, tapi yang dibutuhkan ialah kalsium dan vitamin D, dua nutrisi yang membantu merangsang pelat pertumbuhan. Ada banyak sumber lain dari kedua nutrisi tersebut, seperti sinar matahari, bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Berita Populer  Bank Dunia Sebut RI Perlu Tambah Belanja 4,6 Persen dari PDB

Mitos: Tinggi badan hanya ditentukan oleh gen.

Fakta: Gen memang memiliki peran besar dalam menentukan tinggi dan pertumbuhan akhir. Tapi percaya bahwa gen adalah salah satu yang bisa menuntukan tinggi badan tentu salah besar. Karena untuk mendapatkan tinggi badan ideal banyak faktor yang berkontribusi, misalnya saja gaya hidup sehat.

Artikel Menarik Lainnya:

Berita Terbaru