Berkat JKN-KIS, Peserta Tak Keluarkan Biaya Berobat di RS


Jakarta, NKRIKU Indonesia —

“Kalau bayar pakai uang sendiri pasti kewalahan, untungnya ada program JKN-KIS jadi sangat diringankan dari segi biaya,” ujar John Marlen Sinaga (53) mengawali perbincangan bersama saat ditemui di kediamannya di Kota Kabanjahe, Karo, Senin (21/12).

John adalah salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak 2015. Pengalamannya selama bertahun-tahun dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan program JKN-KIS membuat ayah dari 3 orang anak ini memuji kualitas program JKN-KIS.

Berita Populer  BPJS Kesehatan Perkuat Langkah Promotif Preventif FKTP

“Saya pernah rutin berobat ke rumah sakit umum selama 6 bulan karena penyakit diabetes. Selama 6 bulan itu saya rutin kontrol seminggu sekali sambil mengambil obat. Puji Tuhan, tidak ada biaya satu perak pun yang keluar. Hanya menunjukkan saya peserta BPJS (JKN-KIS), saya langsung ditangani,” ujar John yang sehari-hari berjualan menu sarapan bersama istri.

Tidak hanya John, sang istri juga ikut merasakan pengalaman bersama JKN-KIS. Divonis terkena miom sepanjang 7 cm, istri John harus menjalani operasi pengangkatan miom tersebut di Rumah Sakit Efarina Etaham Berastagi pada 2017.

Berita Populer  Anggota DPR Minta Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan saat Corona Dikaji Ulang

“Istri saya pernah operasi miom. Awalnya dia mengeluh sakit perut dan pusing selama beberapa hari. Udah minum obat tapi tidak ada kurang akhirnya kami berobat ke rumah sakit masuk UGD. Setelah di USG ternyata ada miom di rahim sebelah kanan istri saya.”

“Sempat panik kami berdua, tapi syukur operasi berjalan lancar. Istri saya sekarang sehat. Dan kali ini BPJS (JKN-KIS) kembali menolong keluarga kami,” ujar John.

Berita Populer  Jadi Peserta JKN-KIS, Operasi Kuswati Total Ditanggung BPJS

Memiliki pengalaman yang memuaskan bersama program JKN-KIS, John berharap hal ini dapat terus berkelanjutan. Ia menekankan agar masyarakat dengan keadaan ekonomi menengah ke bawah dapat mendapat perhatian lebih dari Pemerintah terkait dalam hal pelayanan kesehatan.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam program JKN-KIS ini. Semoga (JKN-KIS) terus ada membantu masyarakat terlebih bagi masyarakat yang kurang mampu sehingga tidak terkendala lagi masalah biaya dalam berobat,” tutup John.

(fef)

[Gambas:Video NKRIKU]

Berita Terbaru