Buruan Daftar!!! BLT BANPRES UMKM akan segera Ditutup, Masih Ada Kesempatan

NKRIKU- Segera daftarkan diri anda untuk mendapatkan bantuan UMKM. Sebab pendaftaran bantuan BLT Banpres UMKM akan ditutup besok Senin 30 November 2020.

Jika anda seorang pelaku usaha sebaiknya segera daftar, agar dapat SMS BPUM BRI dan NIK KTP terdaftar di formulir online (efomr) di link eform.bri.co.id/bpum.

Pelaku usaha mikro yang memenuhi syarat akan dapat bantuan sebesar Rp2,4 juta yang bisa dicairkan melalui bank penyalur (BNI, BRI, dan Bank Syariah Mandiri) pada bulan Desember 2020.

Bantuan ini sengaja diberikan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendorong UMKM agar bisa meningkatkan usahanya di tengah pandemi covid-19.

Bantuan BLT Banpres UMKM Rp 2,4 juta ini diberikan secara gratis, bukan pinjaman, dan tidak ada potongan biaya apapun pada saat pencairan.

Berita Populer  Berikut Ini Cara Dapatkan BST Rp 300 Ribu per KK di Link dtks.kemensos.go.id

Pelaku UMKM yang sudah daftar pada tahap 1 mendapatkan SMS pemberitahuan dari bank BRI tentang BPUM dan mulai mencairkan bantuannya pada Oktober 2020 lalu.

Sedangkan pendaftaran bantuan tahap 2 masih dibuka akan ditutup besok. Oleh karena itu pelaku usaha sebaiknya segera daftar.

Karena bantuan ini juga rencananya akan diperpanjang oleh Kemenkop UKM hingga tahun 2021 nanti.

Cara daftar bantuan ini juga cukup mudah. Pelaku UMKM di beberapa daerah bisa daftar online. Sebagian besar lainnya daftar dengan cara datang ke kantor lembaga pengusul.

Syarat dapat bantuan ini adalah sebagai berikut:

– Warna Negara Indonesia
– Memiliki Nomor Induk Kewarganegaraan
– Memiliki Usaha Mikro
– Bukan ASN, TNI, POLRI, dan anggot BUMN/BUMD
– Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari bank atau KUR
Pendaftaran dilakukan di salah satu kantor berikut:

Berita Populer  Ratusan penerima PKH di Mukomuko mengundurkan diri

– Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM
– Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
– Kementerian/Lembaga
Perbankan dan perusahaan pembayaran yang terdaftar di OJK

Setelah daftar, pelaku usaha akan dapat SMS notifikasi dari bank penyalur jika diterima dan memenuhi syarat.

Secara khusus, bank BRI juga menyediakan layanan eform untuk cek atau konfirmasi SMS BPUM yang diterima oleh pelaku UMKM melalui link eform.bri.co.id/bpum menggunakan NIK KTP dengan cara berikut:

Buka browser atau aplikasi internet di hp, kemudian masuk ke alamat eform.bri.co.id/bpum
Masukkan nomor identitas KTP atau NIK
Masukkan kode verifikasi yang tertera,
Kemudian klik Proses Inquiry
Lalu akan muncul informasi status pendaftaran BLT Banpres UMKM atau BPUM ini.
Pendaftar yang dinyatakan sebagai penerima akan mendapatkan informasi tentang statusnya, sedangkan pelaku UMKM yang diterima atau nomor eKTP terdaftar akan muncul notifikasi sebagai berikut:

Berita Populer  164.450 Pekerja di Jabodetabek Jadi Korban PHK, Kemensos Bagikan Sembako

“Nomor eKTP terdaftar sebagai penerima BPUM an. …… dengan nomor rekening ……. Untuk verifikasi dan pencairan hubungi Kantor BRI terdekat membawa eKTP”.

Sedangkan pelaku UMKM yang namanya tidak terdaftar akan mendapatkan notifikasi sebagai berikut:

Pelaku UMKM kemudian mencairkan bantuannya di bank penyalur. Pelaku UMKM yang tidak mempunyai buku rekening bisa datang ke bank dengan membawa kartu identitas agar dibuatkan buku rekening sehingga Bantuan BLT Banpres UMKM atau BPUM ini bisa cair.

Pencairan bantuan ini tidak bisa diwakilkan. Penerima bantuan UMKM yang namanya sudah meninggal makan bantuannya tidak bisa dicairkan kepada ahli waris

Berita Terbaru